Respon Tanaman Kubis Merah (Brassica Oleraceae Var. Capitata Forma Rubra L.) Pada Berbagai Jenis Pupuk Organik Cair Untuk Mendukung Ekowisata Di Kadisobo Sleman

Herastuti, Heti and Prayudi, Prayudi and Susilo, M. Edy Respon Tanaman Kubis Merah (Brassica Oleraceae Var. Capitata Forma Rubra L.) Pada Berbagai Jenis Pupuk Organik Cair Untuk Mendukung Ekowisata Di Kadisobo Sleman. In: SEMINAR NASIONAL TAHUN KE-3 CALL FOR PAPERS DAN PAMERAN HASIL PENELITIAN & PENGABDIAN MASYARAKAT KEMENRISTEKDIKTI RI, 10-11 OKTOBER 2017, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of LPPM 2017 Penelitian.pdf] Text
LPPM 2017 Penelitian.pdf

Download (7MB)

Abstract

Ekowisata merupakan bentuk wisata yang dikelola dengan pendekatan konservasi dalam upaya menjaga kelangsungan penıanfaatan sumberdaya alam unluk waktu kini dan masa mendatang. Di Kadisobo Sleman mulai berkembang ekowisata yang menawarkan keasrian alam dengan keunggulan pertanian organik yang memaÛaatkcın limbah organik unluk budidaya sayuran. Tuman penelitian ini adalah mengkaji berbagai jenis dan konsentrasi pupuk organik cair ııntuk budidaya kübis merah. Penelitian dilakukan menggunakan rancangan acak lengkap pola factorial 3 x 3 dengan 3 ulangan.. Faktor pertama adalah jenis POC yang terdiri atas 3 taraf, yaitu: POC (urin sapi), POC (akar bambu), POC (orok-orok). Faktor kedua adalah konsentrasi POC terdiri atas 3 taraf, yaitu: 4 ml/l, 6ml/l, dan 8ml/l. Hasil penelitian menunjııkkan bahwa tidak terjadi interaksi antara berbagai jenis dengan konsentrasi pupuk organik cair terhadap semua parameter. Pııpuk organik cair urin sapi memberikan tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, bobot segar, dan bobot kering tanaman kubis merah lebih beşar dari pada pupuk organik akar bambu dan orok-orok. Konsentrasi pupuk organik cair 8 ml/lpaling tepat untuk memberikan-pertumbuhan tanaman kübis merah terbaik.
Keywords: kubis merah, POC, ekowisata

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Ir., MP HETI HERASTUTI
Date Deposited: 10 Apr 2023 00:43
Last Modified: 10 Apr 2023 00:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/34333

Actions (login required)

View Item View Item