Pengelolaan Gulma Terpadu Untuk Meningkatkan Produksi Tanaman Pangan

Rizal AZ, Abdul (2008) Pengelolaan Gulma Terpadu Untuk Meningkatkan Produksi Tanaman Pangan. In: Prosiding Seminar Nasional Pengembangan produk berbasis sumber pangan lokal untuk mendukung kedaulatan pangan, 8 Desember 2008, Fak. Pertanian UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Pengelolaan Gulma Terpadu.pdf] Text
Pengelolaan Gulma Terpadu.pdf

Download (27MB)

Abstract

Peningkatan produksi tanaman pangan senantiasa mendapat perhatian karena kebutuhan akan pangan terus meningkat. Gulma merupakan organisme pangganggu tanaman (OPT) yang selalu mengikuti tanaman budidaya yang diusahakan, oleh sebab itu gulma harus mendapatkan perhatian agar keberadaan gulma di pertanaman budidaya tidak menurunkan produksi. Gulma dapat mempengaruhi pertumbuhan dan produksi tanaman, karena adanya kompetisi penyerapan hara,air,cahaya matahari dan ruang tumbuh.
Untuk mencegah kemunduran dan kerugian dengan hadirnya gulma dipertanaman budidaya, pengelolaan gulma secara menyeluruh perlu dilakukan dengan mengetrapkan berbagai strategi,sehingga pengendalian gulma dapat berhasil dengan baik secara kajian agronomis, ekologis maupun ekonomis. Strategi yang berkembang pada saat ini adalah pengelolaan gulma secara terpadu. Konsep pengelolaan gulma terpadu lebih mengutamakan pengendalian secara alami dengan menciptakan keadaan lingkungan yang tidak menguntungkan untuk pengembangan dan pertumbuhan gulma dan mempertinggi daya kompetisi serta dapat mengurangi penggunaan pestisida.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: gulma. pengendalian terpadu, tanaman pangan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Dr.Ir.MP ABDUL RIZAL
Date Deposited: 18 Apr 2023 02:24
Last Modified: 18 Apr 2023 02:27
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/34304

Actions (login required)

View Item View Item