Sebaran Status Hara Asli Tanah di Wilayah Selatan Gunung Merapi Kabupaten Sleman Propinsi DIY sebagai Dasar Rekomendasi Pemupukan Padi sawah (Oryza Sativa)

Julianto, Eko Amiadji and Atmojo, Suntoro Wongso and Dewi, Widyatmani Sih (2016) Sebaran Status Hara Asli Tanah di Wilayah Selatan Gunung Merapi Kabupaten Sleman Propinsi DIY sebagai Dasar Rekomendasi Pemupukan Padi sawah (Oryza Sativa). In: Seminar Nasional Tahun ke2 Call For Papers dan Pameran Hasil Penelitian dan Pengabdian Kemenristekdikti RI, 18 Oktober 2016, Yogyakarta.

[thumbnail of Prosiding Tata Kelola 2016.pdf] Text
Prosiding Tata Kelola 2016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Sebaran Status Hara Asli Tanah di Wilayah Selatan Gunung Merapi Kabupaten Sleman Propinsi DIY sebagai Dasar Rekomendasi Pemupukan Padi sawah (Oryza Sativa)
Eko Amiadji Julianto*), Suntoro Wongso Atmojo,**) Widyatmani Sih Dewi **),
dan Partoyo*)

*) Dosen Agroteknologi UPN "Veteran" Yogyakarta
**) Dosen Ilmu Tanah Universitas Sebelas Maret
:
Abstract
Penilaian Status Kesuburan Tanah (SKT) menjadi penting untuk dilakukan agar perencanaan pengelolaan hara untuk budidaya tanaman menjadi lebih akurat sehingga produktifitasnya bisa ditingkatkan. Tujuan utama dalam mengevaluasi SKT adalah dipetakannya sebaran keseragaman sifat-sifat tanah yang tercermin dalam bentuk delineasi satuan peta SKT dengan metode tertentu.
Tujuan penelitian ini adalah memtakan status N, P, dan K tanah secara spesifik lokasi berdasarkan kondisi pasokanasli hara tanah dan hasil evaluasi status kesuburan tanah dengan metode yang akurat agar efisiensi pemupukan dapat ditingkatkan. Metode ang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan memetakan kesuburan tanah asli. Kesuburan tanah asli ini meliputi Kecamatan Cangkringa, Pakem, Turi, Tempel dan Seyegan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah : 1. Status hara asli utama tanah pada wilayah sentra padi di lereng selatan Gunung Merapi adalah sangat bervariatif. 2. Pemupukan hara utama meliputi rea, TSP dan KCl secara seragam dengan menggunakan rekomendasi nasional kabupaten tidaklah begitu tepat.

Key words: Pemetaan, hara asli tanah.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Pemetaan, hara asli tanah
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Dr. SP, MP EKO AMIADJI JULIATO
Date Deposited: 18 Apr 2023 06:43
Last Modified: 18 Apr 2023 06:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/34295

Actions (login required)

View Item View Item