Penggunaan Pupuk Organik Yang Diperkaya Nimba Dan Abu Ketel Untuk Meningkatkan Ketahanan Tanaman Terhadap Hama Dan Hasil Caysim

Brotodjojo, R.R. Rukmowati and Arbiwati, Dyah (2015) Penggunaan Pupuk Organik Yang Diperkaya Nimba Dan Abu Ketel Untuk Meningkatkan Ketahanan Tanaman Terhadap Hama Dan Hasil Caysim. In: Seminar Nasional, Call Paper, dan Pameran Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Kemenristek Dikti RI, 22 October 2015, Yogyakarta.

[thumbnail of Penggunaan  ppk org_prosd lppm 2015.pdf] Text
Penggunaan ppk org_prosd lppm 2015.pdf

Download (27MB)

Abstract

Pertanian organik dikembangkan untuk mengurangi dampak negatif penggunaan pupuk anorganik dan pestisida sintetik yang berlebihan pada pertanian konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan pupuk organik granul yang diperkaya dengan nimba dan abu ketel dalam meningkatkan ketahanan tanaman terhadap hama dan hasil caysim. Perlakukan yang digunakan adalah macam pupuk organik granu1(A,B,C)hasil produksi sendiri yang diaplikasikan pada tanaman caysim dengan berbagai dosis (10 ton/ha, 20 ton/ha,30 ton/ha). Sebagai pembanding adalah kontrol yang menggunakan pupuk anorganik ((Urea 60 kg/ha; TSP 95 kg/ha; KCl 50 kg/ha). Percobaan disusun menurut rancangan acak lengkap, masing-masing perlakuan terdiri atas 10 tanaman dan diulang tiga kali. Caysim ditanam di bawah naungan paranet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan berbagai macam pupuk organik granul (A,B,C) dengan dosis 10-30 ton/ha memberikan pertumbuhan (jumlah daun, volume akar) dan hasil (berat basah brangkasan) yang tidak berbeda nyata dibanding kontrol (pupuk anorganik). Dosis pupuk organik 30 ton/ha nyata meningkatkan ketahanan tanaman terhadap serangan ulat Crocidolomia pavonana. Dengan demikian pupuk organik granul tersebut dapat menggantikan penggunaan pupuk anorganik pada budidaya caysim.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: pupuk organik granul, nimba, abu ketel,caysim
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Ir. MP DYAH ARBIWATI
Date Deposited: 10 Apr 2023 00:35
Last Modified: 10 Apr 2023 00:35
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/34115

Actions (login required)

View Item View Item