TONGKOL JAGUNG APLIKASINYA UNTUK PENGOLAHAN LIMBAH INDUSTRI TEKSTIL

Ristianingsih, Yuli and Istiani, Alit and Irfandy, Fauzan (2020) TONGKOL JAGUNG APLIKASINYA UNTUK PENGOLAHAN LIMBAH INDUSTRI TEKSTIL. Lembaga Penelitian dan pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Lembaga Penelitian dan pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. ISBN 978-623-7594-98-7

[thumbnail of Buku Ajar Tongkol Jagung Untuk Pengolahan Limbah Industri Tekstil] Text (Buku Ajar Tongkol Jagung Untuk Pengolahan Limbah Industri Tekstil)
buku ajar tongkol jagung.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Adsorpsi/ penjerapan adalah suatu proses akumulasi suatu cairan/gas/padatan terlarut pada suatu permukaan padatan (adsorben) yang disebabkan oleh gaya tarik antar molekul atau suatu akibat dari medan gaya pada permukaan padatan (adsorben) yang menarik molekul-molekul gas, uap atau cairan sehingga terbentuk suatu film lapisan tipis.
Karbon aktif yang digunakan sebagai adsorben secara umum berasal dari limbah biomassa yang mengandung selulosa seperti tongkol jagung. Berdasarkan penelitian, tongkol jagung mengandung kadar selulosa yang tinggi yaitu sekitar 40% sehingga dapat dimanfaatkan sebagai biosorben pada pengolahan limbah cair industri.

Item Type: Book
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: ST., M.Eng YULI RISTIANINGSIH
Date Deposited: 09 Apr 2023 07:00
Last Modified: 09 Apr 2023 07:03
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/34084

Actions (login required)

View Item View Item