Trend Penelitian Sivitas Akademik UPN “Veteran” Yogyakarta pada Jurnal Internasional Terindeks Scopus: Kajian Bibliometrik

Rahmawati, Nurul Alifah (2022) Trend Penelitian Sivitas Akademik UPN “Veteran” Yogyakarta pada Jurnal Internasional Terindeks Scopus: Kajian Bibliometrik. -. (Unpublished)

[thumbnail of Makalah 2022.pdf] Text
Makalah 2022.pdf - Draft Version

Download (223kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat trend penelitian yang dilakukan sivitas akademik UPN “Veteran” Yogyakarta. Penelitian yang dimaksud adalah penelitian yang terbit pada jurnal internasional terindeks Scopus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif dengan analisis bibliometrik. Pada penelitian ini akan menggambarkan atau memvisualisasikan produktifitas sivitas akademik UPN “Veteran” Yogyakarta dalam menghasilkan publikasi ilmiah yang terindeks Scopus. Data penelitian diperoleh dari database Scopus melalui pencarian berdasarkan afiliasi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Data penelitian berupa data bibliografi publikasi ilmiah yang dihasilkan oleh sivitas akademik UPN “Veteran” Yogyakarta dalam format RIS. Data penelitian diolah menggunakan aplikasi Microsoft Excel serta VosViewer sebagai tools untuk memvisualisasikan data. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa UPN “Veteran” Yogyakarta sampai 1 Desember 2022 menghasilkan 469 publikasi ilmiah yang terindeks Scopus. Dari data tersebut dapat dipetakan trend topik penelitian menjadi 11 klaster. Klaster pertama didominasi oleh topik pertambangan, sementara ekonomi pembangunan, Teknologi pertanian, dan komunikasi perusahaan mendominasi pada tiga kluster yang lain.

Item Type: Article
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 05 Jun 2023 04:07
Last Modified: 05 Jun 2023 04:16
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/33851

Actions (login required)

View Item View Item