Potensi Pakan Lele Lokal dalarm Peningkatan Kesejahteraan Pembudidaya Lele di Kec Banyudono Kab Boyolali Jateng

Puspitaningrum, Dwi Aulia (2023) Potensi Pakan Lele Lokal dalarm Peningkatan Kesejahteraan Pembudidaya Lele di Kec Banyudono Kab Boyolali Jateng. In: Potensi Pakan Lele Lokal dalarm Peningkatan Kesejahteraan Pembudidaya Lele di Kec Banyudono Kab Boyolali Jateng, Juni 2023, Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo Madura.

[thumbnail of Potensi Pakan Lele Lokal dalarm Peningkatan Kesejahteraan Pembudidaya Lele di Kec Banyudono Kab Boyolali Jateng.pdf] Text
Potensi Pakan Lele Lokal dalarm Peningkatan Kesejahteraan Pembudidaya Lele di Kec Banyudono Kab Boyolali Jateng.pdf

Download (4MB)

Abstract

Lele merupakan jenis ikan yang paling banyak dimakan dan diperjualbelikan di pasar pasar tradisional di Pulau Jawa, tak terkecuali juga di wilayah Jawa tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta serta sekitarnya. Lele dijadikan salah satu jenis lauk bersumber dari ikan yang paling banyak diminati karena selain harganya yang relatif terjangkau masyarakat umum juga gampang di peroleh. Sentra lele di Jateng -DIY salah satunya adalah di Kabupaten Boyolali. Walaupun jumlah pembudidaya lele di daerah ini banyak, dan hasilnyapun secara kuantitas juga mampu di kirim ke luar Boyolali, namun para pembudidaya mengeluhkan besarnya biaya pakan lele yang merupakan komponen terbesar biaya dalam usaha lelenya tersebut. Sebagian besar pakan lele di Boyolali memang berasal dari pakan pabrikan. Berbagai macam cara dilakukan untuk mengganti atau mensubstitusi pakan lele pabrikan dengan pakan lele lokal yang di buat secara mandiri oleh para pembudidaya yang tergabung dalam UPR (Unit pembenihan Rakyat) di Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali. Studi ini bertujuan untuk mengkaji potensi pakan lele yang terbuat dari bahan bahan lokal dan buangan pabrik makanan, atau residu sampah dari restoran, rumah makan, hotel dan warung warung makan di daerah Boyolali guna mendapatkan formula pakan lele lokal yang baik. Metode yang mendasari studi ini adalah metode survey, sedangkan penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive. Analisis yang dipergunakan dalam metode ini adalah analisis Incremental B/C ratio dengan uji beda antar pakan lele pabrikan dan pakan lele lokal. Hasil studi menunjukkan perbedaan yang siqnificant antara pemakaian pakan pabrikan dan pakan lele lokal. Dengan hasil ini diharapkan bahwa para pembudidaya lele di Kecamatan Banyudono Boyolali dapat mengembangkan pakan lele lokal, seterusnya bisa menurunkan biaya produksi khususnya dari pakan lele dan akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan pembudidaya lele di daerah tersebut.

Kata kunci : Lele, Pakan lokal, Biaya, Kesejahteraan, Pembudidaya ikan

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Lele, Pakan lokal, Biaya, Kesejahteraan, Pembudidaya ikan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Dr. SP. MP DWI AULIA PUSPITANINGRUM
Date Deposited: 19 Apr 2023 06:20
Last Modified: 19 Apr 2023 06:25
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/33816

Actions (login required)

View Item View Item