Penawaran Daging Sapi Potong ditinjau dari Tingkat Ketersediaan Produksi di Kabupaten Bantul DIY

Puspitaningrum, Dwi Aulia and Masyhuri, Masyhuri and Hartono, Slamet and Jamhari, Jamhari (2016) Penawaran Daging Sapi Potong ditinjau dari Tingkat Ketersediaan Produksi di Kabupaten Bantul DIY. In: Penawaran Daging Sapi Potong ditinjau dari Tingkat Ketersediaan Produksi di Kabupaten Bantul DIY, 2016, Departemen Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian UGM.

[thumbnail of Penawaran Daging Sapi Potong ditinjau dari Tingkat Ketersediaan Produksi di Kabuoaten Bantul DIY.pdf] Text
Penawaran Daging Sapi Potong ditinjau dari Tingkat Ketersediaan Produksi di Kabuoaten Bantul DIY.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan Agroindustri berbasis ternak sapi di DIY sangat dipengaruhi oleh sisi penawaran dan permintaan ternak sapi tersebut. Di sisi Supply, Jumlah Populasi sapi dan Penawaran serta Persedian Daging sapi merupakan faktor yang selama ini dianggap penyumbang pengaruh yang besar. Produksi daging ternak sapi DIY hanyalah berkisar antara 1,3 % (2008) sampai 1,9% (2015) dari Produksi daging sapi nasional namun keberadaannya selalu dibutuhkan setiap saat oleh konsumen sebagai pemenuhan pangan hewani. Penelitian yang dilakukan di wilayah Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Faktor faktor yang mempengaruhi penawaran daging sapi potong dan (2). Mengetahui ketersediaan daging sapi potong di wilayah tersebut ditinjau dari kondisi produksi wilayah Bantul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif dengan pendekatan triangulasi. Guna mendekati tujuan penelitian pertama digunakan analisis regresi linear berganda dan guna mendekati tujuan penelitian kedua digunakan analisis Diagram sebab akibat (Causal loop) dalam kontek sistem dinamis guna menggambarkan keterkaitan antar elemen sistem yang menunjukan kedinamisan sistem di sisi penawaran daging sapi potong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor faktor yang mempengaruhi penawaran daging sapi potong di Bantul adalah jumlah populasi sapi dan jumlah sapi yang dipotong yang akan diproduksi di Bantul. Sedangkan dalam sistem dinamis diperoleh hasil bahwa Bantul merupakan salah satu wilayah sentral daging sapi potong di DIY dan ke depan diperoleh hasil bahwa stok dan persedian daging sapi Bantul akan naik sehingga berpengaruh secara significant (+) terhadap penawaran daging sapi potong secara keseluruhan.

Kata kunci : Penawaran. Daging sapi, Sistem dinamis, Bantul.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Penawaran. Daging sapi, Sistem dinamis, Bantul.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Dr. SP. MP DWI AULIA PUSPITANINGRUM
Date Deposited: 19 Apr 2023 05:40
Last Modified: 19 Apr 2023 06:02
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/33804

Actions (login required)

View Item View Item