Aplikasi Teknologi Zero Waste Dalam Pembuatan Priket Tempurung Kelapa dan Peranannya Sebagai Energi Alternatif Pada Masyarakat Pedesaan.

Puspitaningrum, Dwi Aulia (2012) Aplikasi Teknologi Zero Waste Dalam Pembuatan Priket Tempurung Kelapa dan Peranannya Sebagai Energi Alternatif Pada Masyarakat Pedesaan. In: PROSIDING Seminar Nasional KEDAULATAN PANGAN DAN ENERGI: Aplikasi Teknologi Zero Waste Dalam Pembuatan Priket Tempurung Kelapa dan Peranannya Sebagai Energi Alternatif Pada Masyarakat Pedesaan., 27 Juni 2012, 27.

[thumbnail of Aplikasi Teknologi Zero Waste Dalam Pembuatan Priket Tempurung Kelapa dan Peranannya Sebagai Energi Alternatif Pada Masyarakat Pedesaan..pdf] Text
Aplikasi Teknologi Zero Waste Dalam Pembuatan Priket Tempurung Kelapa dan Peranannya Sebagai Energi Alternatif Pada Masyarakat Pedesaan..pdf

Download (5MB)

Abstract

Tempurung kelapa banyak ditemui sebagai limbah olahan pangan dari kelapa di masyarakat pedesaan di Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Mereka belum memanfaatkan limbah ini sebagai produk yang mempunyai nilai tambah (added value) bagi rumah tangganya. Guna memanfaatkan limbah tempurung kelapa dengan pendekatan teknologi zero waste, maka telah dilakukan program diseminasi dalam pembuatan Briket tempurung kelapa di wilayah ini atas dana Hibah DP2M Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan Nasional (KEMENDIKNAS) Tahun 2010/2011 yang lalu. Penelitian yang dilakukan di Kabupaten Terbarat wilayah DIY ini bertujuan untuk menganalisis aplikasi teknologi pembuatan briket tempurung kelapa pada masyarakat setempat. Selain itu studi ini juga sekaligus menilai seberapa besar briket tempurung kelapa ini dapat berperan sebagai energi alternatif dibandingkan dengan energi panas lainnya yang dipakai di daerah tersebut. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah survey dengan pendekatan model Participatory Community Methode (PCM). Penelitian dilakukan di daerah yang merupakan pusat produksi kelapa terbesar di Kulon Progo DIY. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi zero waste dalam pembuatan briket tempurung kelapa dapat berperan sebagai eneriy alternatif bagi masyarakat setempat. Hasil analisis ekonomi dengan kajian Incremental B/C Ratio menunjukkan bahwa briket tempurung kelapa dibandingkan dengan gas elpiji dalam pemakaian energi bahan bakar rumahtangga menunjukkan kondisi yang significan. Briket tempurung kelapa dapat meurunkan biaya pemakaian sebesar 10% dibandingkan gas elpiji. Ini menunjukkan bahwa briket tempurung kelapa dapat dijadikan solusi sebagai alternatif substitusi energy panas serta mampu meningkatkan efisiensi dan nilai tambah pada produk limbah kelapa di Kulon Progo DIY.

Kata Kunci : zero waste, tempurung kelapa, briket, energi, efisiensi, nilai tamba

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : zero waste, tempurung kelapa, briket, energi, efisiensi, nilai tamba
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Dr. SP. MP DWI AULIA PUSPITANINGRUM
Date Deposited: 19 Apr 2023 04:58
Last Modified: 19 Apr 2023 05:30
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/33798

Actions (login required)

View Item View Item