Faktor-faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Petani dalam Pengelolaan Hutan Rakyat yang Berkelanjutan di Kecamatan Pajangan Kabupaten Bantul DIY

Widayanto, Budi (2018) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Petani dalam Pengelolaan Hutan Rakyat yang Berkelanjutan di Kecamatan Pajangan Kabupaten Bantul DIY. In: Prosiding Seminar Nasional Ke-4 Call for Paper & Pameran Hasil Penelitian dan Pengabdian Kemenristekdikti RI, 9 Oktober 2018, Yogyakarta.

[thumbnail of Prosiding LPPM_compressed.pdf] Text
Prosiding LPPM_compressed.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hutan rakyal tradisional merupakan hutan rakyat yang dimiliki oleh rakyat dengan hak kepemilikan ole rakyat berdasarkan pada kepemilikan turn temurun dari leluhurnya. Hutan rakyat secara penuh dimiliki dan dibangun sendiri oleh masyarakat tapa campur tangan pemerintah. Secara luas hutan memiliki fungsi ekonomi, sosial dan lingkungan sehingga dapat terjaga keberlanjutannya.
Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi dalam pengelolaan hutan rakyat berkelanjutan. Pengambilan sampel wilayah menggunakan purposive sampling dan sampel petani diambil dengan multistages cluster sampling, serta pengolahan data menggunakan SEM WarpPLS 5.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi petani berpengaruh terhadap pengelolaan hutan rakyat berkelanjutan. Partisipasi petani dipengaruhi oleh kelembagaan masyarakat, pemberdayaan masyarakat dan dukungan stakeholders. sedangkan pemberdayaan masyarakat dipengaruhi oleh kelembagaan masyarakat dan dukungan stakeholders.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Farmers participation, Community institutions, Stakeholder support, Community empowerment, Sustainable private forest
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Dr.Ir.M.Si Budi Widayanto
Date Deposited: 07 Apr 2023 07:46
Last Modified: 07 Apr 2023 07:46
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/33763

Actions (login required)

View Item View Item