Dinamisasi Kelompok Tani Hutan menuju Pengelolaan Hutan Rakyat Berkelanjutan Di Kabupaten Bantul DIY

Widayanto, Budi and Karsidi, Ravik and Kusnandar, Kusnandar and Sutrisno, Joko (2017) Dinamisasi Kelompok Tani Hutan menuju Pengelolaan Hutan Rakyat Berkelanjutan Di Kabupaten Bantul DIY. In: Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Agribisnis I, 1 April 2017, Ciamis.

[thumbnail of Prosiding Galuh Ciamis.pdf] Text
Prosiding Galuh Ciamis.pdf

Download (7MB)

Abstract

Hutan rakyat (HR) merupakan usaha tani dengan berbagai tanaman di lahan masyarakat sehingga rakyat menganggap HR merupakan hak milik sepenuhnya bagi rakyat. Bagi pemiliknya, HR merupakan, bagian lak lerpisahkan dalam kehidupan untuk memenuhi kebutuhan, HR dipahami sebagai prival goods (ekonomi dan sosial) dan belum mempertimbangkan sebagai public goods (fungsi ekologi/ lingkungan). Pemanfaalan HR dipengaruhi kemampuan masyarakat, kondisi lahan, sosial budaya, dan kebijakan daerah. Dalam memanfaatkan HR, pelani tergabung dalam kelompok lani hutan (KTH), dimana dinamika kelompok sangal mempengaruhi perilaku petani. Intervensi dalam fasilitasi dan pendampingan dilakukan untuk mendinamisasikan KTH melalui pemberdayaan dan pendampingan masyarakat serta dukungan stakeholders (Pemerintah, Perguruan Tinggi, Swasta, dan LSM) menuju pengelolaan HR berkelanjutan. Upaya diarahkan untuk meningkalkan kemampuan masyarakat dalam mengakomodasikan globalisasi yailu pengelolaan secara keberlanjutan (fungsi ekologi/ lingkungan) untuk memenuhi Sustainable Development Goals.
Pemberdayaan dan pendampingan masyarakal seta dukungan stakeholders meliputi: program pembinaan, pengendalian, pengawasan gerakan rehabilitasi hutan dan lahan; program rehabilitasi butan dan lahan; program pemberdayaan masyarakat berbasis konservasi; program sertifikasi kayu; pembinaan kelembagaan. Keberhasilan pemberdayaan dan pendampingan masyarakat dan dukungan stakeholders untuk dinamisasi KTH adalah timbulnya dampak positif dengan keberhasilan sertifikasi Unit Manajemen Hutan Rakyat (UMHR) Wono Lestari di Kecamatan Pajangan, terbentukya kelembagaan KTH Jasema di Kecamatan Dingo, dan semakin meluasnya aktifitas-aktifitas pengelolaan HR yang berkelanjutan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Dinamisasi KTH, Pemberdayaan Masyarakat, Hutan Rakyat Berkelanjutan
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Dr.Ir.M.Si Budi Widayanto
Date Deposited: 07 Apr 2023 07:45
Last Modified: 07 Apr 2023 07:45
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/33747

Actions (login required)

View Item View Item