Prospek Pengembangan Tanaman Sorgum (Sorgum bicolor (L)) ditinjau dari Perspektif Kelayakan Investasi Usaha Pangan Alternatif.

Puspitaningrum, Dwi Aulia and NURCHOLIS, Mohamad and Krismawan, Henri (2019) Prospek Pengembangan Tanaman Sorgum (Sorgum bicolor (L)) ditinjau dari Perspektif Kelayakan Investasi Usaha Pangan Alternatif. In: Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Pertanian IX UGM, 2019, Fakultas Pertanian UGM.

[thumbnail of Prospek Pengembangan Tanaman Sorgum (Sorgum bicolor (L)) ditinjau dari Perspektif Kelayakan Investasi Usaha Pangan Alternatif..pdf] Text
Prospek Pengembangan Tanaman Sorgum (Sorgum bicolor (L)) ditinjau dari Perspektif Kelayakan Investasi Usaha Pangan Alternatif..pdf

Download (4MB)

Abstract

Sorgum merupakan serealia terbesar kelima di dunia setelah gandum, padi, jagung, dan barley. Komposisi asam amino sorgum cukup lengkap baik asam amino essensial maupun non essensial dan juga mengandung vitamin penting seperti vitamin A, vitamin K, vitamin B6, vitamin B12. Selain itu dalam budidayanya, tanaman dari jenis serealia ini tahan hidup di daerah kering. Pemanfaatan sorgum selain sebagai bahan pangan di Indonesia sebagai tepung sorgum, bisa juga diolah menjadi nira sorgum, bioetanol dan pakan ternak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang manfaat tanaman sorgum dan produk turunannya yakni tepung sorgum sebagai salah satu pangan alternatif pemenuhan kalori dan mengkaji kelayakan usaha dari usaha tepung sorgum. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah survey. Lokasi penelitian adalah di daerah Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Teknik Analisis data menggunakan analisis kelayakan usaha yang terdiri dari analisis finansial dan analisis ekonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha tepung sorgum dilihat dari nilai Benefit Cost ratio (B/C) adalah 4 (>1), Net Present Value (NPV) juga positif dan Profitability Indeks 5,1 (>1). Hal ini menunjukkan hasil bahwa usaha tepung sorgum di daerah Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul layak diusahakan karena mempunyai manfaat ekonomi yang cukup bagus untuk diusahakan dan dikembangkan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Dr. SP. MP DWI AULIA PUSPITANINGRUM
Date Deposited: 06 Apr 2023 05:13
Last Modified: 02 May 2023 05:45
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/33641

Actions (login required)

View Item View Item