SOSIALISASI PEMANFAATAN DAUN JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia) UNTUK PEMBUATAN LARVASIDA SEBAGAI PENGGANTI ABATE DI DUSUN PENDUL, ARGOREJO, SEDAYU, BANTUL

Siswanti, Siswanti and Sumintarsih, Sumintarsih SOSIALISASI PEMANFAATAN DAUN JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia) UNTUK PEMBUATAN LARVASIDA SEBAGAI PENGGANTI ABATE DI DUSUN PENDUL, ARGOREJO, SEDAYU, BANTUL. In: Seminar Nasional ke-4 call for paper & Pameran Hasil Penelitian dan Pengabdian Kemenristek Dikti, 9 Oktober 2018, Yogyakarta.

[thumbnail of Sosialisasi Pemanfaatan Daun Jeruk Nipis  (makalah 2018).pdf] Text
Sosialisasi Pemanfaatan Daun Jeruk Nipis (makalah 2018).pdf

Download (6MB)

Abstract

Abstract
Nyamuk merupakan salah satu jenis serangga penghisap darah yang sering menimbulkan masalah kesehatan. Geografis negara Indonesia merupakan wilayah yang sesuai dengan tempat hidup dan berkembang biaknya berbagai jenis nyamuk yang berperan sebagai vektor penyakit. Genus Aedes merupakan vektor biologis dari penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue). Kekhawatiran akan wabah penyakit DBD sekarang ini, mengakibatkan banyak masyarakat menggunakan larvasida kimiawi untuk memberantas jentik nyamuk. Penggunaan larvasida kimiawi dalam waktu lama menimbulkan efek samping yang membahayakan bagi kesehatan. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan larvasida alami dari tumbuhan yang tidak mencemari lingkungan dan aman untuk kesehatan. Untuk menyadarkan masyarakat agar menggunakan larvasida alami, perlu dilakukan sosialisasi pemanfaatan larvasida alami misalnya dari daun jeruk nipis sebagai pengganti larvasida kimiawi untuk membasmi jentik nyamuk. Daun jeruk nipis mengandung senyawa akif yang toksik terhadap serangga namun mudah terurai di alam sehingga tidak mencemari lingkungan dan aman untuk kesehatan.
Pemilihan lokasi kegiatan, dipilih di Dusun Pendul Argorejo Sedayu Bantul, dengan pertimbangan Angka Bebas Jentik (ABJ) di desa Argorejo adalah 74% (dengan target 95%), sehingga masih berpotensi terjangkitnya kasus demam berdarah. Dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk sosialisasi ini, diharapkan dapat membantu meningkatkan informasi dan pengetahuan tentang larvasida alami dari daun jeruk nipis, sehingga masyarakat di Dusun Pendul termotivasi untuk membuat sendiri larvasida dengan bahan daun jeruk nipis yang mudah didapat dan menjadikannya sebagai kegiatan ekonomi yang menguntungkan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.
Kegiatan sosialisasi dilaksanakan dalam bentuk penyuluhan tentang larvasida alami dari daun jeruk nipis. Semua peserta menyatakan bahwa kegiatan sangat bermanfaat, karena menambah informasi dan pengetahuan, untuk membasmi jentik nyamuk dengan cara aman untuk kesehatan dan lingkungan. Peserta menginginkan kegiatan ini dapat terealisasi dalam bentuk praktek pembuatan larvasida dari daun jeruk nipis, sehingga masyarakat Dusun Pendul memerlukan pelatihan dengan pendampingan dan bimbingan dari Tim PbM UPN ‘Veteran’ Yogyakarta.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Sosialisasi pemanfaatan larvasida alami, daun jeruk nipis, dan Angka Bebas Jentik
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: S.Pd,M.or SUMINTARSIH SUMINTARSIH
Date Deposited: 04 Apr 2023 13:29
Last Modified: 04 Apr 2023 13:31
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/33534

Actions (login required)

View Item View Item