Wiranata, Handita (2011) Strategi Penyiaran Radio Mataram Buana Suara (MBS FM) Yogyakarta dalam Mempertahankan Loyalitas Pendengar ( Studi Deskriptif Keistimewaan R adio Dangdut MBS FM Yogyakarta ). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) | Preview |
Abstract
i
Abstraksi
Radio merupakan sarana dan media yang efektif dalam penyampaian
informasi, mulai dari berita hingga musik. Radio yang baik ialah radio yang
dikenal oleh banyak pendengar dan memiliki pendengar sendiri dalam tiap
acaranya. Kesetiaan pendengar menjadikan radio akan semakin maju dan
berkembang. Dalam tiap penyiarannya, radio harus memiliki berbagai program
unggulan dan juga penyiar yang mer
upakan
icon dari radio tersebut,
s
eperti radio
MBS FM, radio yang dikenal sebagai radio dangdutnya Jogja ini mampu
mengembangkan sayapnya dengan berbagai macam acara unggulan namun tetap
dengan format musik dangdut khas Indonesia. Dalam penelitian ini, penulis
m
erumuskan masalah yakni
“Bagaimana Strategi Radio MBS FM dalam
Mengedepankan Musik Dangdut dan Mempertahankan Loyalitas Pendengar ?”
.
Tujuan penelitian tersebut
ialah
Untuk mengetahui dan juga mengidentifikasi
keistimewaan radio MBS FM di
bandingkan dengan
radio lainnya juga
mengetahui perencanaan,implementasi dan evaluasi yang dilakukan oleh MBS
FM agar pendengar tidak berpaling pada radio lainnya.
Teori yang digunakan dalam pembuatan penelitian ini lebih pada strategi
penyiarannya yang diimbangi dengan man
ajemen penyiaran agar nantinya mampu
menarik minat dengar para pendengarnya.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif, dengan metode diskriptif yang menghasilkan data deskriptif tentang
Strategi Penyiaran Radio Mataram B
uana Suara dalam Mempertahankan
Loyalitas Pendengar
. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik
observasi, wawancara,
dokumentasi, dan analisis data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa MBS FM memiliki beberapa strategi
dalam menarik serta memperta
hankan ketertarikan pendengar agar selalu
mendengarkan dan tidak bosan dengan semua yang disuguhkan radio MBS FM
antara lain Faktor kreativitas, faktor teknologi yakn
i
komputerisasi dan yang
terakhir ialah keterlibatan pendengar. Selain itu hal penting
yan
g diperhatikan
ialah mengenai manajemen siaran, beberapan tahapannya ialah perencanaan,
pengorganisasian, pelaksanaan, serta evaluasi.
.
ii
Abstrack
Radio is
the
one of media to inform many things from news to music
. A
good radio must have listener and known by many listener. The loyality of listener
makes radio to increase and go on the top. In every broadcast , radio has so many
programme especially for
the top programme and also the icon of announcer like
MBS FM i
tself, as known as the radio of Dangdut in Jogja, can spread away the
wings to reach up and keep on incerase still with the same format of Indonesia
n
style. In this case, the writer concludes “How The Strategy of MBS FM Radio to
Frontal the Dangdut Music a
nd keep up the Loyality of Listener also.
This
research has made to know and to identify something special of MBS FM
compared by the other radio and to know the planning, implementation, and
evaluation that MBS done in order the listener wouldn’t leave thi
s radio.
The theory is about strategy of broadcasting balancing with management
of broadcasting itself to interest by the listener.
This research using the qualitative with descriptive method about strategy
broadcasting MBS FM to keeping up the loyality of
listener, this research is also
using many technic, like observe, interview, document, and file analyst.
The result of this research said that MBS FM has
many strategy to keepin
up the listener to always listen this radio and never get bored with somethin
g that
MBS FM give it away, there are several factor in MBS, like creativity,
technology, and the last is the involve of listener itself. Besides that the most
important thing that sould be understand is about management of broadcasting
like planning, orga
nizing, and evaluation.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | Muji Isambina |
Date Deposited: | 08 Jun 2016 07:35 |
Last Modified: | 08 Jun 2016 07:35 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/3328 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |