Strategi Penyiaran Radio Mataram Buana Suara (MBS FM) Yogyakarta dalam Mempertahankan Loyalitas Pendengar ( Studi Deskriptif Keistimewaan R adio Dangdut MBS FM Yogyakarta )

Wiranata, Handita (2011) Strategi Penyiaran Radio Mataram Buana Suara (MBS FM) Yogyakarta dalam Mempertahankan Loyalitas Pendengar ( Studi Deskriptif Keistimewaan R adio Dangdut MBS FM Yogyakarta ). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

i Abstraksi Radio merupakan sarana dan media yang efektif dalam penyampaian informasi, mulai dari berita hingga musik. Radio yang baik ialah radio yang dikenal oleh banyak pendengar dan memiliki pendengar sendiri dalam tiap acaranya. Kesetiaan pendengar menjadikan radio akan semakin maju dan berkembang. Dalam tiap penyiarannya, radio harus memiliki berbagai program unggulan dan juga penyiar yang mer upakan icon dari radio tersebut, s eperti radio MBS FM, radio yang dikenal sebagai radio dangdutnya Jogja ini mampu mengembangkan sayapnya dengan berbagai macam acara unggulan namun tetap dengan format musik dangdut khas Indonesia. Dalam penelitian ini, penulis m erumuskan masalah yakni “Bagaimana Strategi Radio MBS FM dalam Mengedepankan Musik Dangdut dan Mempertahankan Loyalitas Pendengar ?” . Tujuan penelitian tersebut ialah Untuk mengetahui dan juga mengidentifikasi keistimewaan radio MBS FM di bandingkan dengan radio lainnya juga mengetahui perencanaan,implementasi dan evaluasi yang dilakukan oleh MBS FM agar pendengar tidak berpaling pada radio lainnya. Teori yang digunakan dalam pembuatan penelitian ini lebih pada strategi penyiarannya yang diimbangi dengan man ajemen penyiaran agar nantinya mampu menarik minat dengar para pendengarnya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan metode diskriptif yang menghasilkan data deskriptif tentang Strategi Penyiaran Radio Mataram B uana Suara dalam Mempertahankan Loyalitas Pendengar . Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MBS FM memiliki beberapa strategi dalam menarik serta memperta hankan ketertarikan pendengar agar selalu mendengarkan dan tidak bosan dengan semua yang disuguhkan radio MBS FM antara lain Faktor kreativitas, faktor teknologi yakn i komputerisasi dan yang terakhir ialah keterlibatan pendengar. Selain itu hal penting yan g diperhatikan ialah mengenai manajemen siaran, beberapan tahapannya ialah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta evaluasi. . ii Abstrack Radio is the one of media to inform many things from news to music . A good radio must have listener and known by many listener. The loyality of listener makes radio to increase and go on the top. In every broadcast , radio has so many programme especially for the top programme and also the icon of announcer like MBS FM i tself, as known as the radio of Dangdut in Jogja, can spread away the wings to reach up and keep on incerase still with the same format of Indonesia n style. In this case, the writer concludes “How The Strategy of MBS FM Radio to Frontal the Dangdut Music a nd keep up the Loyality of Listener also. This research has made to know and to identify something special of MBS FM compared by the other radio and to know the planning, implementation, and evaluation that MBS done in order the listener wouldn’t leave thi s radio. The theory is about strategy of broadcasting balancing with management of broadcasting itself to interest by the listener. This research using the qualitative with descriptive method about strategy broadcasting MBS FM to keeping up the loyality of listener, this research is also using many technic, like observe, interview, document, and file analyst. The result of this research said that MBS FM has many strategy to keepin up the listener to always listen this radio and never get bored with somethin g that MBS FM give it away, there are several factor in MBS, like creativity, technology, and the last is the involve of listener itself. Besides that the most important thing that sould be understand is about management of broadcasting like planning, orga nizing, and evaluation.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 08 Jun 2016 07:35
Last Modified: 08 Jun 2016 07:35
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/3328

Actions (login required)

View Item View Item