PEMANFAATAN LAHAN BAWAH TEGAKAN HUTAN UNTUK PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT SEKITAR HUTAN DI KABUPATEN BANTUL

Widayanto, Budi (2008) PEMANFAATAN LAHAN BAWAH TEGAKAN HUTAN UNTUK PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT SEKITAR HUTAN DI KABUPATEN BANTUL. In: Prosiding Seminar Nasional The Indonesian network For Agroferestry (NAFE) Pendidiakn Agroforestry sebagai Strategi menghadapi Pemanasan Global, 4 Maret 2008, Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[thumbnail of 3. Scan Pemanfaata lahan bawah.pdf] Text
3. Scan Pemanfaata lahan bawah.pdf

Download (10MB)

Abstract

Hutan memiliki fungi ekologi/lingkungan yang harus dijaga sustainibilitasnya dan fungsi sosial ekonomi yang harus memberikan kompensasi ekonomi bagi masyarakat di sekitar hutan. Kedua fungsi tersebut dapat terjadi kontradiksi, sehingga menghasilkan kondisi hutan dan masyarakat yang saling tidak menguntungkan baik jangka pendek ataupun jangka panjang.
Fungsi ekologis/lingkungan dalam jangka panjang dapat dicapai jika dalam jangka pendek, hutan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, sehingga memungkinkan terciptanya lingkungan yang kondusif bagi keberlanjutan fungi hutan dengan program agroforestri. Peluang-peluang dapat diperoleh dengan memanfaatkan bagian-bagian (space) hutan yang dapat dimanfaatakan untuk memberikan peluang kegiatan ekonomi masyarakat. Salahsatu peluang adalah pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan lahan bawah tegakan yang diperluas aspek teknologi pengolahan komoditinya, untuk meningkatkan nilai tambah dan penyerapan tenaga kerja.
Kuatnya interaksi masyarakat dan hutan harus ditemukan sinergi yang ideal, schingga muncul manfaat antara masyarakat dengan hutan. Konsep pengembangan agroforestri dapat dicapai melalui pentahapan pemodelan/ konsep awal (orientasi sosial ekonomi), pengembangan konsep (orientasi ekologi/lingkungan dan sosial ekonomi, dan intensifikasi fungi hutan (orientasi ekologi/lingkungan).

Kata kunci: Agroforestry, fungi lingkungan/ekologi dan sosial ekonomi, pemberdayaan masyarakat

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Agroforestry, fungi lingkungan/ekologi dan sosial ekonomi, pemberdayaan masyarakat
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Dr.Ir.M.Si Budi Widayanto
Date Deposited: 01 Apr 2023 06:48
Last Modified: 01 Apr 2023 06:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/33258

Actions (login required)

View Item View Item