PENGEMBANGAN KELEMBAGAAN TEKNOPRENEUR BERBASIS PERTANIAN UNTUK MENINGKATKAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Widayanto, Budi Widayanto (2012) PENGEMBANGAN KELEMBAGAAN TEKNOPRENEUR BERBASIS PERTANIAN UNTUK MENINGKATKAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. In: Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Teknopreneur Berbasis Pertanian Untuk Mningkatkan Pembaerdayaan Masyarakat, September 2012, Fakultas Pertanian Muhamadiyah Purwokerto.

[thumbnail of 5. Scan Pengembangan kelembagaan teknopreneur.pdf] Text
5. Scan Pengembangan kelembagaan teknopreneur.pdf

Download (13MB)

Abstract

sumberdaya manusia. Dengan perubahan pola tersebut maka pers pengembangan sumberdaya manusia menjadi sangat penting. Pembangunan jam tidak berbasis pada pembangunan sumberdaya manusia akan berimplikasi pal beberapa hal, antara lain; banyanya sumberdaya manusia (tenaga kerja) jarg tidak terakomndasi dolom proses perhangunan dan menimhulkan penggangguras rendahnya nilai tambah suatu komoditas, dan tidak berkembangan potensi sun wilayah. Problem utama yang dihadapi oleh sektor pertanian dan wilayah perdesaar adalah rendahnya tingkat pendidikan, rendahnya penanganan pasca panen das penerapan teknologi terutama pengolahan, akses pasar komoditas, schingga ans keseimbangan produksi dan konsumsi komoditas tidak dapat terpenuhi. Unti mengatasi persoalan tersebut diperlukan usaha terobosan dengan pengembargen jiwa kewirausahaan sumberdaya manusia berbasis teknologi (teknopreneur) until di wilayah perdesaan/ pertanian. Adanya pengembangan teknopreneur akas menciptakan peluang pengembangan masyarakat dengan basis pertanian das meningkatkan kapasitas pembangunan di wilayah perdesaan/ pertanian. Tentunge terobosan gerakan menciptakan sumberdaya manusia yang mengwass teknopreneur periu didukung dengan kreasi kelembagaan untuk menciptakat sinergi yang utuh dari proses pengembangan komoditas pada wilavah hulu dan hilt. serta proses kemandirian sektor pertanian menuju industri pertanian berbasi kemampuan lokal.

Kata kunci: pengembangan, teknopreneur, wilayah

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, teknopreneur, wilayah
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Dr.Ir.M.Si Budi Widayanto
Date Deposited: 01 Apr 2023 06:49
Last Modified: 01 Apr 2023 06:49
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/33251

Actions (login required)

View Item View Item