Analisis Investasi Pada Industri Kreatif, Pendidikan, Dan Pariwisata Dalam Upaya Pengentasan Kemiskinan Di Daerah Istimewa Yogyakarta

Syari’udin, Akhmad and Astuti, Rini Dwi (2012) Analisis Investasi Pada Industri Kreatif, Pendidikan, Dan Pariwisata Dalam Upaya Pengentasan Kemiskinan Di Daerah Istimewa Yogyakarta. In: Prosiding Seminar Nasional "Pengentasan Kemiskinan melalui UMKM:Komparasi Model Indonesia dan Malaysia", 05 Dec 2012, Fakultas Ekonomi UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Prosiding SemNas 5 Des2012] Text (Prosiding SemNas 5 Des2012)
semnas des12.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk membuat rancangan kebijakan yang tepat dalam rangka menarik investasi di DIY terutama pada industri kreatif, yang didukung oleh pendidikan dan pariwisata. Berdasarkan Teori Pertumbuhan Endogin, aspek penentu pertumbuhan ekonomi adalah adanya keputusan-keputusan yang menentukan penciptaan ilmu pengetahuan melalui penelitian dan pengembangan. Pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja yang lebih luas dan mengurangi tingkat kemiskinan. Kajian ini menggunakan Analisis SWOT, yaitu instrumen perencanaaan strategis untuk mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis. Industri kreatif perlu dikembangkan di Daerah Islimewa Yogyakarta karena industri ini memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan, menciptakan iklim bisnis yang posilif, membangun citra dan identitas daerah, berdasarkan sumber daya manusia yang terbarukan, menciptakan inovasi dan kreativitas sebagai keunggulan kompetitif dan keunggulan daerah serta memberikan dampak sosial yang positif.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: SE, MSi Rini Dwi Astuti
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:26
Last Modified: 03 Apr 2023 07:27
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/33126

Actions (login required)

View Item View Item