Kualitas Layanan Online dan Kepercayaan sebagai Variabel Mediasi Pengaruh Perceived Ease of Use dan Perceived Usefulness terhadap E Loyalty (Survey pada Online Handycraft dan Furniture UKM Yogyakarta)

Darpito, Surpiko Hapsoro and Yudhiantoro, Danang (2015) Kualitas Layanan Online dan Kepercayaan sebagai Variabel Mediasi Pengaruh Perceived Ease of Use dan Perceived Usefulness terhadap E Loyalty (Survey pada Online Handycraft dan Furniture UKM Yogyakarta). In: Semnas, Callpaper dan Pameran Hasil Penelitian dan Abdimas LPPM UPN Veteran Yogyakarta, 22 Oktober 2015, LPPM UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Semnas, Callpaper dan Pameran Hasil Penelian dan Abdimas] Text (Semnas, Callpaper dan Pameran Hasil Penelian dan Abdimas)
Semnas callpaper LPPM 2015.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian tahun kedua ini adalah untuk menganalisis pengaruh tidak langsung model keberterimaan teknologi (TAM) terhadap pembelian online melalui kualitas layanan, kepercayaan, dan kepuasan yang berdampak pada loyalitas penggunaan internet dalam berbelanja. Hal ini didasarkan pada hasil penelitian sebelumnya terdapat beberapa hipotesa penelitian yang tidak di dukung yaitu percieved ease of use tidak berpengaruh terhadap usage intention, pengaruh keyakinan akan kemanfaatan (perceived usefulness) tidak berpengaruh terhadap usage intention (niat membeli kembali menggunakan media on line dalam berbelanja), kepuasan tidak berpengaruh terhadap usage intention, dan usage intention tidak mempunyai pengaruh terhadap penggunaan internet untuk berbelanja. Hal ini terjadi karena perilaku pembelian menggunakan media online dipengaruhi oleh variabel lain yaitu kualitas layanan online dan kepercayaan. Oleh karena itu peran kualitas layanan dan kepercayaan perlu dimasukkan dalam model penelitian ini untuk di uji dan di analisis seberapa besar pengaruhnya terhadap pembelian melalui media online. Teknik analisis data menggunakan SEM dengan sampel 118 responden dengan kriteria konsumen yang pernah membeli lebih dari satu kali furniture dan handycraft produk UKM yang menjadi anggota Asmindo Komda DIY yang dijual melalui Toko Online maupun web yang dimiliki sendiri oleh UKM tersebut yang tersebar di wilayah Yogyakarta. Hasil penelitian ini diperoleh variabel percieved ease of use dan perceived usefulness mempengaruhi kepercayaan, kepuasan, dan loyalitas (e-loyalty). Sedangkan kualitas layanan online tidak memediasi pengaruh variabel TAM terhadap e-loyalty. Hal ini disebabkan dukungan teori masih lemah serta kurangnya kualitas layanan UKM dalam menggunakan IT karena kemampuan SDM masih rendah. Sehingga penelitian yang akan datang diarahkan kepada pengembangan model TAM dengan variabel kualitas layanan sebagai independent variabel yang dimediasi percieved ease of use dan perceived usefulness mempengaruhi kepercayaan, kepuasan, dan e-loyalty. Dari hasil penelitian ini diharapkan UKM dapat meningkatkan kualitas layanan dan mampu mendesain web secara efektif berbasis e-CRM, sehingga loyalitas pelanggan menggunakan internet dalam berbelanja akan meningkat.

Keywords: UKM, electronic customer relationship management, kepuasan, percieved ease of use, perceived usefulness, kualitas layanan, kepercayaan, e-loyalty

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: SE, M.Si Surpiko Hapsoro Darpito
Date Deposited: 28 Mar 2023 14:07
Last Modified: 28 Mar 2023 14:10
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/33030

Actions (login required)

View Item View Item