Konsep Sistem Ekonomi Pasar Sosial Kerakyatan Sebagai Dasar Pemikiran Ekonomi dan Sosial di Negara Kesatuan Republik Indonesia

WALUYO, JOKO (1999) Konsep Sistem Ekonomi Pasar Sosial Kerakyatan Sebagai Dasar Pemikiran Ekonomi dan Sosial di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan, 2 (1). pp. 47-82. ISSN 1410 8046

[thumbnail of Economic System, Indonesia, Sosial Market Economic] Text (Economic System, Indonesia, Sosial Market Economic)
Pasar Sosial Kerakyatan.pdf - Published Version

Download (740kB)

Abstract

Sistem ekonomi pasar sosial kerakyatan ini merupakan suatu sistem yang berdasarkan Pancasila, UUD 1945,etika dan moralbangsa.Sistem ini mampu menjawab problematika ekonomi dan sosial yang dihadapi oleh perekonomian bangsa Indonesia.
Sistem ini menghasilkan produk barang kebutuhan pokok masyarakat lewat mekanisme pasar sosial kerakyatan dan memproduksi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan pasar lewat mekanisme pasar murni.
Pola distribusi sumber daya alam lewat mekanisme pasar sumber daya alam. Sistem ini didukung oleh 3 badan usaha yaitu:BUMN memproduksi barang kebutuhan pokok masyarakat,koperasi memenuhi barang dan jasa untuk mencukupi kebutuhan anggota dan pasar, BUMS memenuhi barang dan jasa untuk mencukupi kebutuhan pasar. Pola hubungan 3 badan usaha ini adalah kompetisi yang diliputi oleh semangat gotong royong. Sistem pengaman sosial kerakyatan disiapkan untuk mengantisipasi dampak buruk persaingan.
Di dalam sistem ekonomi sosial pasar kerakyatan produksi diperuntukkan bagi rakyat banyak dengan cara yang adil dan merata untuk mencapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Syarat yang harus dipenuhi untuk mewujudkan sistem ekonomi sosial pasar kerakyatan ialah syarat ideologi, politik, ekonomi, hukum, dan pelopor konsep. Agar sistem tetap bertahan sampai akhir zaman diperlukan inovasi dan kreasi dari para pelaku ekonomi dan sosialnya

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Economic System, Indonesia, Social Market
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Dr. SE,MSE Joko Waluyo
Date Deposited: 24 Mar 2023 07:12
Last Modified: 24 Mar 2023 07:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/32935

Actions (login required)

View Item View Item