Zainuri, Yusril (2023) FORMULASI STRATEGI BISNIS UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING PADA SRAWUNG RESTO DAN KOPI. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Text
1.SKRIPSI FullText_152170086_Yusril Zainuri.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
2.COVER.pdf Download (96kB) |
|
Text
3.HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (269kB) |
|
Text
4.ABSTRAKSI.pdf Download (88kB) |
|
Text
5.DAFTAR ISI.pdf Download (181kB) |
|
Text
6.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96kB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui kondisi perusahaan terkait
lingkungan internal dan eksternal serta untuk mengetahui posisi Srawung Resto dan
Kopi dalam Matrik General Electric dan diagram SWOT selain itu memberi usulan
strategi bersaing yang tepat untuk Srawung Resto dan Kopi guna untuk
memenangkan persaingan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif secara
kuantitatif dengan unit analisis penelitian adalah Srawung Resto dan Kopi.
Penelitian ini menggunakan sumber data primer yang diperoleh dari hasil
penyebaran kuesioner kepada 33 responden penelitian yang merupakan karyawan
Srawung Resto dan Kopi, serta wawancara dengan seorang informan. Data telah
dinyatakan valid dan reliabel berdasarkan hasil uji validitas dan uji reliabilitas.
Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan 3 (tiga) tahap formulasi
strategi. Tahap input menggunakan matrik EFE dan IFE, tahap pencocokan
menggunakan matrik SWOT dan matrik General Electric (GE), tahap keputusan
menggunakan matrik QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix).
Analisis lingkungan eksternal berupa peluang dan ancaman yang
menghasilkan 11 (sebelas) faktor kunci lingkungan eksternal makro-mikro dan
analisis lingkungan internal berupa kekuatan dan kelemahan yang menghasilkan 12
(dua belas) faktor kunci lingkungan internal (analisis fungsional). Kedua faktor
kunci tersebut dianalisis menggunakan matrik EFE dan matrik IFE. Hasil dari
matrik EFE dan IFE menunjukkan posisi perusahaan pada kuadran I diagram
SWOT. Berdasarkan posisi perusahaan pada diagram SWOT selanjutnya akan
dianalisis menggunakan matrik SWOT yang menghasilkan strategi S-O (Strength�Opportunies) yang menghasilkan 3 (tiga) alternatif strategi untuk Srawung Resto
dan Kopi. Alat kedua yaitu matrik GE (General Electric) yang menghasilkan posisi
perusahaan dikuadran 1. Strategi yang cocok untuk posisi tersebut adalah strategi
intensif dan strategi integrasi yang menghasilkan 3 (tiga) alternatif strategi. Setelah
dianalisis alternatif strategi pada tahap pencocokan menghasilkan 5 (lima) alternatif
strategi. Alternatif strategi tersebut dimasukkan kedalam matrik QSPM
(Quantitative Strategic Planning Matrix) dengan hasil akhir strategi yang paling
tepat digunakan untuk Srawung Resto dan Kopi yaitu memperluas jaringan promosi
penjualan secara online.
Berdasarkan hasil analisis, Srawung Resto dan Kopi dapat melakukan
efektivitas promosi secara online agar produk dapat lebih dikenal masyarakat.
Srawung Resto juga harus memperjelas diferensiasi produk serta membuat kemasan
/packaging yang lebih menarik. Srawung Resto dan Kopi perlu memperbaiki
layanan online delivery order dan take away, dan selalu memantau stok bahan
Kata Kunci : Strategi Bersaing, matrik SWOT, matrik General Electric, QSPM.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Bersaing, matrik SWOT, matrik General Electric, QSPM. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 16 Mar 2023 08:39 |
Last Modified: | 16 Mar 2023 08:39 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/32877 |
Actions (login required)
View Item |