Eksperimen Optimasi Kekerasan Paduan Kuningan dengan Metode Desain Faktorial 33

Dwirahma, Novira and Putro, Gunawan Madyono and Sadi, Sadi and Khannan, Muhammad Shodiq Abdul (2019) Eksperimen Optimasi Kekerasan Paduan Kuningan dengan Metode Desain Faktorial 33. Jurnal Optimasi Sistem Industri (OPSI), 12 (2). pp. 96-100. ISSN 2686-2352

[thumbnail of 2. Eksperimen Optimasi Kekerasan Paduan Kuningan dengan Metode Desain Faktorial.pdf] Text
2. Eksperimen Optimasi Kekerasan Paduan Kuningan dengan Metode Desain Faktorial.pdf - Published Version

Download (14MB)

Abstract

Bahan kuningan banyak digunakan oleh industri-industri UKM di Indonesia di antaranya adalah industri gamelan, industri gerabah, dan industri kerajinan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas material kuningan yang merupakan perpaduan bahan tambang tembaga dan nickel. Kemampuan industri manufaktur di Indonesia dalam mengolah bahan baku tambang dengan kualitas bagus masih rendah. Belum ada upaya secara khusus untuk meningkatkan kualitas melalui penelitian dan pengembangan. Tujuan jangka panjang dari penelitian ini adalah membangun keunggulan di bidang material di industri-industri Indonesia. Keunggulan ini sangat penting dimiliki industri-industri di Indonesia agar bisa bersaing secara global.
Metode yang digunakan adalah desain faktorial 3 variabel (temperatur, temper time, media pendinginan) dengan masing-masing sebanyak 3 level (33) untuk mengetahui faktor yang paling berpengaruh dan meningkatkan kualitas produk sehingga tingkat kekerasan produk paling tinggi. Dari hasil pengolahan data didapatkan dari ketiga faktor berpengaruh secara signifikan dan setting yang memberikan tingkat kekerasan yang paling besar.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Dr., MT SADI SADI
Date Deposited: 06 Apr 2023 02:59
Last Modified: 06 Apr 2023 02:59
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/32839

Actions (login required)

View Item View Item