Barezky, Annisa Noranda (2021) STRATEGI PEMASARAN MALKIST CRACKERS PRODUKSI INDONESIA MELALUI PENDEKATAN PRODUCT POSITIONING. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Text
CD_COVER.PDF Download (186kB) |
|
Text
CD_ABSTRAK.PDF Download (124kB) |
|
Text
7___DAFTAR_PUSTAKA.PDF Download (63kB) |
|
Text
CD_DAFTAR_ISI.PDF Download (138kB) |
|
Text
CD_HALAMAN_PENGESAHAN.PDF Download (786kB) |
|
Text
CD_HALAMAN_PENGESAHAN.PDF Download (786kB) |
|
Text
TUGAS_AKHIR_DAN_ABSTRAK.PDF Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Camilan adalah makanan atau minuman yang dikonsumsi di waktu antara
dua santapan pokok. Jenis camilan yang beredar di Indonesia berupa cookies dan
crackers, keripik kentang dan ketela, keripik tortilla, wafer, dan camilan lainnya.
Masyarakat Indonesia mengonsumsi lebih banyak camilan daripada santapan
pokok dengan rasio 1.07:1. Cookies dan crackers menjadi salah satu segmen
camilan yang paling dikenal oleh masyarakat Indonesia. Kecocokan camilan
dengan gaya hidup masyarakat Indonesia membuat segmen cookies dan crackers
memiliki valuasi pendapatan sebesar $2,059 miliar pada tahun 2020 dengan nilai
pertumbuhan tahunan sebesar 7,3 persen. Produk segmen camilan cookies dan
crackers yang paling dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah Malkist Crackers.
Nilai valuasi yang diiringi dengan pertumbuhan tahunan yang besar membuat
produsen Malkist Crackers harus terus menjaga dan bahkan terus memperluas
target pasar. Tujuan ini dapat dicapai dengan terus berinovasi meluncurkan varian
baru Malkist Crackers dan menggunakan strategi pemasaran yang tepat.
Penelitian ini bermaksud untuk merancang strategi pemasaran yang tepat
untuk setiap merek Malkist Crackers yang menjadi obyek dalam penelitian ini
yaitu, Roma Malkist, Gery Malkist, Hatari Malkist, Khong Guan Malkist, dan
Unibis Malkist. Strategi pemasaran dibuat berdasarkan product positioning masing�masing merek Malkist Crackers untuk setiap kriteria yang diteliti yaitu rasa, harga,
kemasan, varian rasa, tampilan, kepopuleran, kemudahan didapat, dan informasi
produk. Product positioning dibuat dengan metode Multidimensional Scaling.
Berdasarkan pengolahan data dan analisis, diperoleh bahwa Malkist Roma
dapat mengatur kembali strategi penentuan harga produk. Malkist Gery harus
melakukan pengembangan strategi pada tampilan produk. Malkist Khong Guan
dapat mengatur kembali strategi penentuan harga produk. Malksit Hatari dapat
mengembangkan strategi pada kriteria rasa, kemasan, varian rasa, kepopuleran,
informasi produk, dan kemudahan didapat. Malkist Unibis dapat mengatur strategi
pada kriteria rasa, kemasan, varian rasa, tampilan, kepopuleran, informasi produk,
dan kemudahan didapat.
Kata kunci: strategi pemasaran, product positioning, multidimensional scaling,
malkist crackers.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi pemasaran, product positioning, multidimensional scaling, malkist crackers |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 04:25 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 04:25 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/32750 |
Actions (login required)
View Item |