KONSTRUKSI IDENTITAS MINTOROGO GESING KAMPOENG COFFEE DALAM UPAYA BRANDING DESA WISATA RINTISAN GESING KABUPATEN TEMANGGUNG

Kusuma, Gamaliel Gumilar (2023) KONSTRUKSI IDENTITAS MINTOROGO GESING KAMPOENG COFFEE DALAM UPAYA BRANDING DESA WISATA RINTISAN GESING KABUPATEN TEMANGGUNG. Masters thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK (RINGKASAN) TESIS.pdf] Text
ABSTRAK (RINGKASAN) TESIS.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of JUDUL TESIS.pdf] Text
JUDUL TESIS.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN TESIS.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN TESIS.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN TESIS.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN TESIS.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of Tesis Mikom Gamaliel 253190018 (Full).pdf] Text
Tesis Mikom Gamaliel 253190018 (Full).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Identitas seringkali dipahami sebagai pengenal yang membedakan suatu hal
dari yang lainnya. Dalam konteks daerah, identitas lahir dari keunikan etnis,
kebudayaan hingga komoditas unggul yang dimiliki. Melalui hasil perkebunan
kopi, Desa Gesing membangun identitas desa dibalik potensi besar lainnya yang
dimiliki Kabupaten Temanggung sebagai Kota Tembakau. Menggunakan metode
pendekatan etnografi, penelitian ini berusaha menganalisis bagaimana proses
konstruksi identitas “Mintorogo Gesing Kampoeng Coffee” dalam upaya
memperkenalkan serta membranding Desa Gesing sebagai sebuah desa wisata
rintisan di Kabupaten Temanggung. Data diperoleh melalui wawancara mendalam,
observasi lapangan, serta studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan
kopi sebagai komoditas unggul yang telah dikenal masyarakat luas menjadi
kompetensi inti Desa Gesing dalam membangun identitas sekaligus upaya branding
sebagai sebuah destinasi desa wisata rintisan, dengan didukung oleh potensi alam,
budaya, dan kesenian yang dimiliki. Terdapat 3 (tiga) momen dialektis dari teori
realitas sosial Berger dan Luckmann, yaitu; eksternalisasi, objektivasi, dan
internalisasi pada proses konstruksi identitas Mintorogo Gesing Kampoeng Coffee
dalam upaya branding desa wisata rintisan Gesing Kabupaten Temanggung. Proses
komunikasi berlangsung didalam momen-momen dialektis ini mendukung teori
konstruksi realitas sosial, bahwa manusialah yang bersama-sama membuat dan
mempertahankan seluruh fenomena sosial melalui praktik-interaksi sosial mereka
dan memaknai melalui bahasa sebagai alat komunikasi.
Kata Kunci : Konstruksi Identitas, Branding, Gesing, Desa Wisata Rintisan

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Konstruksi Identitas, Branding, Gesing, Desa Wisata Rintisan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 23 Feb 2023 06:06
Last Modified: 23 Feb 2023 06:07
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/32730

Actions (login required)

View Item View Item