Buku Referensi dengan judul Gunung Api dan Potensi Panas Bumi Danau Ngebel Ponorogo Jawa Timur

Dwi Fitri, Yudiantoro and INTAN, Intan Paramita and Dyah Rini Ratnaningsih, Dyah and MAHRENI, Mahreni and Mirzam, Abdurrachman and Hafiz Hamdalah, Hafiz and Puji Pratiknyo, Puji (2023) Buku Referensi dengan judul Gunung Api dan Potensi Panas Bumi Danau Ngebel Ponorogo Jawa Timur. In: Gunung Api dan Potensi Panas Bumi Danau Ngebel Ponorogo Jawa Timur. Deepublish, Yogyakarta, pp. 1-134. ISBN 978-623-02-5831-2

[thumbnail of 1. Gunung api dan potensi_ deepublish.pdf] Text
1. Gunung api dan potensi_ deepublish.pdf - Other

Download (30MB)

Abstract

Buku ini menjelaskan mengenai kondisi geologi geologi gunung api daerah Ngebel dari Kompleks Gunung Api Wilis yang mempunyai potensi panas bumi. Penjelasan diawali dari kajian geologi regional Jawa Timur, dan kajian ini dimaksudkan untuk mengetahui posisi secara geologi, baik fisiografi, stratigrafi dan struktur geologi. Kemudian membahas mengenai geologi gunung api, petrogenesis, magmatisme dan karakteristik panas bumi di daerah Gunung Api Ngebel.
Data geologi seperti batuan, stratigrafi ataupun struktur geologi diwujudkan dalam peta geologi Gunungapi Ngebel. Sedangkan data geokimia batuan dan geokimia air dari manifestasi dipergunakan untuk melakukan analisis potensi panasbumi. Metode penelitian yang dipergunakan meliputi beberapa analisis kimia batuan dan kimia air. Analisis laboratorium yang akan dilakukan terhadap sampel batuan adalah analisis petrografi, dan analisis X-Ray Fluorences (XRF). Sedangkan analisis geokimia air meliputi analisis isotop 18O dan D, analisis Induced Coupled Mass Spectrometry (ICP-MS), analisis Atomic Absorption Spectrometer (AAS).
Hasil akhir atau luaran dari penyusunan buku ini adalah informasi geologi gunungapi terkait dengan produk letusan, petrogenesa, magmatisme dan potensi panasbumi di daerah Gunungapi Ngebel. Penjelasan dari buku ini diharapkan akan dapat memberikan tambahan informasi geologi dalam mendukung tahapan eksplorasi panasbumi khususnya untuk wilayah Ngebel Jawa Timur, serta dapat dipergunakan sebagai tambahan ilmu pengetahuan terhadap proses pembelajaran mengenai gunungapi terkait potensi panasbumi.

Item Type: Book Section
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Dr.Ir.MT DWI FITRI YUDIANTORO
Date Deposited: 16 Feb 2023 04:36
Last Modified: 16 Feb 2023 04:38
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/32695

Actions (login required)

View Item View Item