LITERASI DIGITAL BERBASIS BELA NEGARA

Asharianto, Panji Dwi and Yustitia, Senja (2020) LITERASI DIGITAL BERBASIS BELA NEGARA. LPPM UPN Veteran Yogyakarta, Yogyakarta. ISBN 9786237840138

[thumbnail of BUKU LITERASI DIGITAL BERBASIS BELA NEGARA.pdf] Text
BUKU LITERASI DIGITAL BERBASIS BELA NEGARA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 1 October 2035.
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (613kB) | Request a copy

Abstract

Era digital mengubah bagaimana masyarakat menggunakan informasi untuk berbagai kebutuhannya, termasuk dalam berhubungan dengan orang lain di masyarakat. Teknologi memungkinkan informasi sangat mudah diperoleh dan disebarkan oleh setiap individu. Hal ini menyebabkan individu memiliki kekuasaan besar untuk mengelola informasi yang dimilikinya.
Informasi sangat vital bagi setiap individu menentukan sikap dan tindakannya, termasuk terkait dengan fakta bahwa setiap individu hidup dalam relasinya dengan individu lain, di mana akan ada persoalan bersama yang bersinggungan dengan hak dan kewajiban. Karena itu, kemampuan pengelolaan informasi menjadi penting untuk dipelajari agar informasi menjadi alat untuk kesejahteraan manusia.
Sayangnya, kemajuan inovasi digital dan kemudahan mengakses Internet belum diiringi dengan kualitas sumber daya manusia yang memadai. Bak air maupun api, teknologi bisa dilihat sebagai anugerah sekaligus ancaman. Jika tidak dikelola dengan baik dan tidak dimanfaatkan dengan bijaksana, ia bisa jadi sangat berbahaya. Untuk itu, sangat penting kiranya buku ini dibuat sebagai pedoman bermedia social bagi masyarakat, khususnya remaja.

Item Type: Book
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: M.I.Kom Panji Dwi Ashrianto
Date Deposited: 31 Jan 2023 06:47
Last Modified: 31 Jan 2023 06:47
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/32597

Actions (login required)

View Item View Item