MENELISIK POLA KONSUMSI MEDIA MASYARAKAT

Yustitia, Senja and Ashrianto, Panji Dwi (2021) MENELISIK POLA KONSUMSI MEDIA MASYARAKAT. LPPM UPN Veteran Yogyakarta, Yogyakarta. ISBN 9786233891196

[thumbnail of BUKU POLA KONSUMSI MEDIA ok.pdf] Text
BUKU POLA KONSUMSI MEDIA ok.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 1 October 2035.
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (585kB) | Request a copy

Abstract

Keberadaan media massa di tengah masyarakat khususnya sebagai saluran informasi sebenarnya cukup sentral yakni observing, informing, sarana partisipasi masyarakat, dan saluran suara ekstramedia. Di Indonesia kondisi media cukup menarik. Dalam laporan Mapping the Landscape of the Media Industry in Contemporary disebutkan bahwa industri media di Indonesia setelah reformasi digerakkan setidaknya oleh 12 grup media sehingga hak warga terhadap keberagaman informasi dilanggar. Masih dari laporan yang sama disebutkan bahwa kemajuan media dan teknologi komunikasi telah mengubah lingkungan industri media tetapi di satu sisi juga membuka ruang yang lebih luas bagi warga negara untuk berpartisipasi. Beberapa riset lainnya menunjukkan adanya hal yang kontradiktif misalnya menurut Freedom on the Net 2020 Indonesia dianggap sebagai negara dengan kondisi partly free. Informasi dan keberadaan media sangat berkaitan dengan pembangunan demokrasi bangsa khususnya dalam menyongsong era revolusi digital

Item Type: Book
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: M.I.Kom Panji Dwi Ashrianto
Date Deposited: 31 Jan 2023 06:47
Last Modified: 31 Jan 2023 06:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/32596

Actions (login required)

View Item View Item