Khasanah, Uswatun (2023) UPAYA NEGOSIASI MULTILATERAL MESIR DALAM PEMBANGUNAN GRAND ETHIOPIAN RENAISSANCE DAM (GERD) DI SUNGAI NIL BIRU OLEH ETHIOPIA (2020-2021). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
151180034_USWATUN SKRIPSI REVISI fix.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
Absrak.pdf Download (15kB) |
|
Text
Cover.pdf Download (113kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (86kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (146kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pembangunan Grand Ethiopian Renaissance Dam (GERD) oleh Ethiopia di
Sungai Nil Biru yang berbatasan dengan Sudan meningkatkan tensi konflik antara
Mesir dan Ethiopia. Hal ini disebabkan oleh kekhawatiran Mesir akan jumlah
pasokan air Nil yang dapat berkurang di masa depan apabila pembangunan dan
pengisian GERD tetap dilakukan tanpa adanya kesepakatan teknis yang mengikat.
Sementara itu, Ethiopia merasa bahwa pembangunan GERD sangat penting bagi
negaranya sebagai penghasil energi listrik utama. Serangkaian negosiasi mengenai
teknis pengisian dan pengoperasian GERD telah dilakukan oleh Mesir sejak tahun
2011 hingga saat ini, namun gagal dalam mencapai kesepakatan. Skripsi ini
bertujuan untuk menjelaskan konflik antara Mesir dan Ethiopia dalam
pembangunan GERD di Sungai Nil Biru oleh Ethiopia serta mengidentifikasi
upaya Mesir dalam menegosiasikan pembangunan GERD tersebut. Metode yang
digunakan adalah library research dan teknis analisa data dilakukan secara
deskriptif.
Kata kunci: Mesir, Sungai Nil, Negosiasi Multilateral, Dam, Ethiopia, Sudan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mesir, Sungai Nil, Negosiasi Multilateral, Dam, Ethiopia, Sudan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri |
Date Deposited: | 20 Jan 2023 07:13 |
Last Modified: | 20 Jan 2023 07:13 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/32496 |
Actions (login required)
View Item |