GIAN FAKHRUSY, ANDARU (2016) EVALUASI PENERAPAN METODE GRAVEL PACK SEBAGAI SAND CONTROL PADA SUMUR X-1, X-2, DAN X-3 DI LAPANGAN Y. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
Preview |
Text
RINGKASAN.pdf Download (6kB) | Preview |
Abstract
Gravel pack adalah salah satu metode sand control untuk mencegah atau
menghentikan terproduksinya pasir ke dalam sumur.Gravel pack yang baik adalah
yang mampu mencegah pasir ikut terproduksi dengan produktivitas sumur yang
tetap efisien.
Lapangan Y merupakan salah satu lapangan wilayah kerja Chevron Indonesia
Company di Balikpapan, Kaltim yang memiliki reservoir yang tergolong
unconsolidatedsand sehingga hampir semua sumurnya menggunakan cased hole
gravel packdi awal komplesi, seperti pada sumur X-1, X-2, dan X-3 yang
dievaluasi pada penulisan ini.
Berdasarkan tinjauan terhadap faktor yang menyebabkan terproduksinya pasir,
sumur X-1, X-2 dan X-3 memang berpotensi pasir ikut terproduksi yaitu faktor
sementasi batuan yang tergolong slightly cemented, kandungan lempung lebih dari
20%, kekuatan formasi lebih kecil dari 0.8 x 1012psi2
, serta laju alir yang melebihi
laju alir kritis.Ukuran gravel dan screen yang disarankan berdasarkan dari hasil
sieve analysis dan perhitungan perbandingan ukuran gravel dan pasir untuk sumur
X-1 dan X-2 adalah 16/30 US Mesh dengan screen opening 0,18 in, sedangkan
untuk sumur X-3 adalah 20/40 US Mesh dengan ukuran screen 0,12 in.
Pemasangan gravel pack pada sumur dapat menyebabkan penurunan laju
produksi akibat terjadinya kehilangan tekanan di sekitar gravel pack. Hal tersebut
yang terjadi pada ketiga sumur ini dimana sumur X-1 laju produksi turun dari
467,3 BPD menjadi 455 BPD, sumur X-2 yang semula 812,3 BPD turun menjadi
754 BPD, dan sumur X-3 yang turun menjadi 128 BPD dari yang semula 133,1
BPD.
Dengan melakukan evaluasi sumur gravel pack, maka dapat mengetahui
kondisi yang lebih baik untuk memperkecil kehilangan tekanan sehingga dapat
meningkatkan laju produksinya. Dan untuk sumur X-1, X-2, dan X-3, yang paling
memungkinkan untuk dilakukan adalah dengan menambah jumlah densitas
perforasi dan mengganti ukurangravel sertascreen.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 08 Jun 2016 03:04 |
Last Modified: | 08 Jun 2016 03:04 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/3249 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |