ANALISIS RESEPSI KHALAYAK PADA ISI PESAN IKLAN MS GLOW FOR MEN VERSI MARSHEL WIDIANTO X BABE CABITA DI INSTAGRAM

Azzahra, Anisa Rindi (2022) ANALISIS RESEPSI KHALAYAK PADA ISI PESAN IKLAN MS GLOW FOR MEN VERSI MARSHEL WIDIANTO X BABE CABITA DI INSTAGRAM. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (409kB)
[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

Download (596kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (334kB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan.pdf] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of SKRIPSI Anisa Rindi Azzahra 153180107.pdf] Text
SKRIPSI Anisa Rindi Azzahra 153180107.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tidak hanya wanita kini produk skincare untuk perawatan kulit laki-laki sudah
mulai berkembang di kalangan masyarakat indonesia. Hal ini terlihat dengan
pertumbuhan industri kecantikan khusus untuk laki-laki. Sehingga mulai banyak brand
yang beradaptasi dengan menghadirkan produk kecantikan khusus untuk laki-laki.
Mulai dari brand lokal hingga international. Salah satunya yaitu produk MS Glow For
Men. Untuk mengenalkan produk MS Glow For Men mereka melakukan kegiatan
promosi melalui pembuatan iklan bersama brand ambassador Marshel Widianto dan
Babe Cabita yang juga dikenal sebagai komika atau komedian asal Indonesia.
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pemaknaan khalayak mengenai isi pesan
pada iklan MS Glow For Men di Instagram maka, digunakan metode analisis resespi
Stuart hall. Jumlah informan yaitu sebanyak 5 (lima) orang dengan menggunakan
metode wawancara mendalam sebagai Teknik pengumpulan data. Melalui metode
kualitatif dengan pendekatan analisis resepsi oleh Stuart Hall hasil penelitian terbagi
menjadi beberapa posisi. Diantaranya yaitu posisi dominan, negosiasi, dan oposisi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dari kelima informan, dua diantaranya termasuk
dalam kategori Dominan-Hegemonic Position. Sedangkan ketiga informan lainya
termasuk dalam posisi Negotiated Position. Untuk kategori Opposotional Position,
peneliti tidak menemukan informan yang termasuk dalam kategori tersebut.
Kata kunci: analisis resepsi, brand ambassador, laki-laki

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: analisis resepsi, brand ambassador, laki-laki
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 05 Jan 2023 01:58
Last Modified: 05 Jan 2023 02:00
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/32218

Actions (login required)

View Item View Item