Widiastuti, Pristina (2022) PENGARUH BRAND AMBASSADOR NCT DREAM TERHADAP CUSTOMER ENGAGEMENT PADA INSTAGRAM @LEMONILO (Survei pada Followers Instagram @Lemonilo). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Text
1__SKRIPSI_FULLTEXT_1531700.PDF Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
3__ABSTRAK_153170080_PRISTI.PDF Download (296kB) |
|
Text
2__COVER_153170080_PRISTINA.PDF Download (233kB) |
|
Text
3__ABSTRAK_153170080_PRISTI.PDF Download (296kB) |
|
Text
4__LEMBAR_PENGESAHAN_153170.PDF Download (373kB) |
|
Text
6__DAFTAR_PUSTAKA_153170080.PDF Download (423kB) |
|
Text
5__DAFTAR_ISI_153170080_PRI.PDF Download (319kB) |
Abstract
Korean Wave atau gelombang Korea terus berkembang dan mempengaruhi
berbagai aspek kehidupan secara global. Dampak fenomena Korean Wave ini
dapat dilihat pada tren strategi pemasaran brand-brand lokal yang menggandeng
artis K-Pop sebagai brand ambassadornya. Lemonilo adalah startup makanan
sehat yang menggandeng Boyband NCT Dream. Keduanya memiliki kesamaan
misi untuk membangun generasi muda dalam menjadikan gaya hidup sehat
sebagai kunci kesuksesan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui
bagaimana brand ambassador NCT Dream pada perusahaan Lemonilo, untuk
mengetahui customer engagement Instagram @Lemonilo saat berkolaborasi
dengan NCT Dream, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh NCT Dream
terhadap customer engagement pada Instagram @Lemonilo. Penelitian ini
menggunakan Teori Retorika dan Reciprocal Action Theory. Metode penelitian
yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei. Sampel pada penelitian
ini sebanyak 100 responden yang merupakan followers Instagam @Lemonilo,
berusia 18-24 tahun, mengetahui kolaborasi Lemonilo x NCT Dream, dan pernah
berinteraksi dengan Lemonilo minimal 3 kali saat berlangsungnya kolaborasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand ambassador NCT Dream
berpengaruh secara signifikan sebesar 26,9% terhadap customer engagement
Instagram @Lemonilo. Hubungan kedua variabel bersifat positif dengan nilai
koefisien korelasi sebesar 0,519 dan nilai signifikansi 0,000 (<0,05). Hubungan
yang positif atau searah dapat diartikan bahwa ketika penggunaan brand
ambassador NCT Dream meningkat, maka customer engagement pada Instagram
@Lemonilo juga akan meningkat. Hal ini selaras dengan hasil uji regresi linear
sederhana dengan persamaan Y = 3,073 + 0,847X, yang berarti setiap kenaikan 1
nilai brand ambassador, maka nilai customer engagement akan bertambah sebesar
0,847.
Kata Kunci: Brand Ambassador, Customer Engagement, Lemonilo, NCT Dream,
Instagram
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | (Survei pada Followers Instagram @Lemonilo) |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 04 Jan 2023 07:15 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 08:03 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/32202 |
Actions (login required)
View Item |