DRIVING SIMULATOR SEBAGAI PENGENALAN TEKNIK DASAR PRAKTIK MENGEMUDI MOBIL DENGAN METODE COLLISION DETECTION TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY

Sholihin, Tri Rijalus (2022) DRIVING SIMULATOR SEBAGAI PENGENALAN TEKNIK DASAR PRAKTIK MENGEMUDI MOBIL DENGAN METODE COLLISION DETECTION TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf] Text
PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (397kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL_TRI RIJALUS SHOLIHIN_123150059.pdf] Text
SKRIPSI FULL_TRI RIJALUS SHOLIHIN_123150059.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Mengimplementasikan metode collision detection (deteksi tabrakan) dengan jenis
Separate Axes Test (SAT) kedalam aplikasi driving simulator (aplikasi untuk simulasi
mengemudi). Penerapan tersebut bertujuan untuk mendeteksi adanya tabrakan dari mobil
dalam aplikasi, sehingga hasilnya menyerupai keadaan sesungguhnya, dan pengguna tidak
perlu menggunakan jalan raya pada saat pertama kali berlatih mengemudi mobil yang mana
tentunya dapat membahayakan pengguna jalan yang lain.
Penelitian yang akan dilakukan mengusulkan penggunaan metode collision detection
dengan jenis Separate Axes Test (SAT) pada aplikasi driving simulator. Metode ini
dipadukan dengan teknologi virtual reality (VR) sehingga hasil yang didapat menyerupai
pengemudi yang berada dalam mobil sebagaimana keadaan sebenarnya.
Sistem ini mampu mem-visualisasikan keadaan pada saat mengemudi sesungguhnya
dibalik setir kemudi. Pada pengujiannya yang dilakukan dengan white box testing
menghasilkan nilai 100% berhasil yang berarti sistem dapat berjalan dengan baik. Algoritma
Separate Axes Test (SAT) diketahui mampu bekerja dengan layak untuk mendeteksi adanya
tabrakan antar objek, yaitu objek mobil itu sendiri dengan objek lainnya, seperti pembatas
jalan, tembok, rambu lalu lintas, dan lain-lain. Namun, metode yang digunakan belum
dibandingkan dengan metode collision detection yang lain sehingga belum dapat dihitung
untuk tingkat akurasinya. Selain itu, pada saat menjalankan aplikasi, pengguna berada dalam
sudut pandang pengemudi mobil, sehingga tidak dapat melihat kondisi luar mobil, apakah
benar mengalami tabrakan atau tidak.
Penelitian ini berfokus pada penerapan metode collision detection dengan model
SAT pada aplikasi driving simulator. Selain itu, penggunaan teknologi virtual reality juga
dibutuhkan untuk menciptakan aplikasi yang dapat memvisualisasikan keadaan
sesungguhnya pada saat berada di dalam kendaraan (mobil). Pada penelitian sebelumnya,
banyak membahas mengenai perkembangan metode collision detection, selain itu terdapat
juga penelitian yang menerapkan collision detection, namun hanya menggunakan modul
collision detection dari aplikasi pembuat game, sehingga tidak diketahui rumus dari metode
yang digunakan serta belum menggunakan teknologi virtual reality sehingga penerapannya
belum tertampil sebagaimana kondisi sesungguhnya di kabin kemudi.
Kata Kunci : Separate Axes Test, Collision detection, Driving Simulator, Virtual Reality

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Separate Axes Test, Collision detection, Driving Simulator, Virtual Reality.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri
Date Deposited: 27 Dec 2022 06:32
Last Modified: 27 Dec 2022 06:32
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/32077

Actions (login required)

View Item View Item