NOVITASAR, MIFTA DIAH (2022) IMPLEMENTASI USE QUESTIONNAIRE UNTUK MENGUKUR DAYA GUNA PADA APLIKASI JOGJA BERBAGI DI YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
| ![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text ABSTRAK.pdf Download (117kB) | 
| ![[thumbnail of COVER.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text COVER.pdf Download (235kB) | 
| ![[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text DAFTAR ISI.pdf Download (326kB) | 
| ![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (270kB) | 
| ![[thumbnail of PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf Download (509kB) | 
| ![[thumbnail of SKRIPSI_123150073_MIFTA DIAH NOVITASARI.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text SKRIPSI_123150073_MIFTA DIAH NOVITASARI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | 
Abstract
Belakangan ini banyaknya orang yang ingin berbagi khususnya barang dan jasa kurang mendapatkan wadah/sarana yang tepat khususnya di daerah Yogyakarta. Saat ni hanya tersedia grup yang dibernama ICJ(Info Cegatan Jogja) yang merupakan grup terbesar saat ini. Namun sayangnya dengan banyaknya anggota, grup ini hanya teratas di platform Facebook dan belum terorgansir dengan baik. Dengan tingginya keinginan berbagi dan kurangnya sarana yang ada aplikasi Jogja Berbagi diharapkan mejadi sarana dengan daya guna yang baik. Tingkat kebergunaan suatu sistem dapat diketahui dengan melakukan 
pengujian. Pengujian yang dapat dilakukan salah satunya adalah dengan metode USE QUESTIONNAIRE.
Metode USE QUESTIONNARE sendiri adalah suatu bentuk metode kuisioner yang digunakan untuk mengukur kebergunaan suatu sistem secara subyektif nilai daya gunanya.USE QUESTIONNAIRE ini terdiri dari 30 pertanyaan yang telah dikelompokkan menjadi empat dimensi yaitu usefullness(kegunaan), ease of use(kemudahan untuk digunakan), user satisfaction(kepuasan pengguna), dan ease of learning(kemudahan untuk dipelajari). 
Kuisioner yang telah dirancang dan disebarkan sesuai dengan empat dimensi diatas, perlu di uji dengan uji validitas dan juga uji Relibilitas. Fungsi adanya pengujian validitas dan 
reliabilitas adalah untuk mengetahui ketepatan sesuai dengan hasil pengukran dan juga untuk mngetahui konsistensi kuisioner dari waktu ke waktu.
Pengujian ini dilakukan kepada 15 pengguna aplikasi Jogja Berbagi dengan 30 pertanyaan yang dibagi menjadi empat dimensi. Hasil yang diperoleh dari uji Validitas didapatkan dari 30 butir pertanyaan yang sebar semuanya bernilai valid dengan nilai lebih dari 0,514. Sedangkan untuk hasil uji reliabilitas melalui perhitungan nilai koefisien Crffonbach’s Alpha yang hasilnya bernilai tiap variabelnya lebih dari 0,7 maka kuisioner reliabel atau memiliki tingkat kategori tinggi keandalannya. Setelah diketahui kuisioner 
terbukti valid dan reliabel maka dihitung nilai daya gunanya (usability) dengan hasil rata�rata pengisian poin pada dimensi userfulness 4.5, ease of use 4.3, satisfaction 4.3 dan ease of learning 4,5. Dari pemaparan hasil perhitungan diatas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa, pada bagian usefulness sistem memiliki nilai manfaat 90% untuk pengguna. Pada dimensi ease of use mendapatkan nilai kemudahan penggunaan sebesar 86% yang berarti sistem dapat mudah dioperasionalkan karena tidak banyak menggunakan komponen 
masukan. Pada bagian satisfaction mendapatkan skor 86% yang berarti tampilan sistem sudah baik memiliki nilai konsistensi cara penggunaannya, sehingga responden mudah 
memahami. Pada sisi ease of learning mendapatkan skor 90% yang artinya responden puas dikarenakan fitur yang ada memberikan layanan informasi dapat lebih mudah dan lengkap.
| Item Type: | Tugas Akhir (Other) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Use Questionnaire, usefullness, ease of use, user satisfaction, ease of learning | 
| Subjek: | T Technology > T Technology (General) | 
| Divisions: | x. Eprints Lama > 3 | 
| Depositing User: | A.Md Apriliani Kusuma Wardhani | 
| Date Deposited: | 26 Dec 2022 07:07 | 
| Last Modified: | 26 Dec 2022 07:07 | 
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/32051 | 
Actions (login required)
|  | View Item |