PERENCANAAN GEOMETRI REKAH OPTIMUM HYDRAULIC FRACTURING PADA SUMUR TPN-X LAPANGAN JAMBI

KAWIRA, BENNY (2022) PERENCANAAN GEOMETRI REKAH OPTIMUM HYDRAULIC FRACTURING PADA SUMUR TPN-X LAPANGAN JAMBI. Masters thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak Benny K.pdf] Text
Abstrak Benny K.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of Daftar Isi Benny K.pdf] Text
Daftar Isi Benny K.pdf

Download (558kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka Benny K.pdf] Text
Daftar Pustaka Benny K.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of Pengesahan Benny K.pdf] Text
Pengesahan Benny K.pdf

Download (439kB)
[thumbnail of Cover Benny K.pdf] Text
Cover Benny K.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of Thesis Benny Kawira Magister Teknik Perminyakan UPN.pdf] Text
Thesis Benny Kawira Magister Teknik Perminyakan UPN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Lapangan Jambi merupakan salah satu lapangan penghasil minyak dan gas yang ada di area Sumatera Selatan dengan produksi sebesar 3600 BFPD dimana struktur Tempino menyumbang 30% dari total produksi lapangan sebesar 1100
BFPD. Pada struktur tempino ini terdapat zona GUF yang merupakan penyumbang produksi terbesar di struktur dengan kedalaman berkisar 1100-1200 m. Permasalahan utama di zona GUF adalah permeabilitas yang kecil dengan range sebesar 1-8 mD sedangkan cadangan minyak sebesar 13.54 MSTB (Recovery
Factor 15%). Demi mengatasi permasalahan ini, perlu dilakukan pekerjaan hydraulic fracturing pada sumur TPN-X untuk memaksimalkan produksi di sumur.
Metode perencanaan pekerjaan hydraulic fracturing di sumur TPN-X meliputi tahapan perencaan geometri rekah, tahapan penentuan proppant, tahapan penentuan fluida fracturing, dan penentuan tekanan pompa, rate rekah serta waktu pemompaan. Pada tahapan perencaan geometri rekah dilakukan untuk mendapatkan geometri rekahan berdasarkan sifat-sifat fisik batuan dan parameter operasi pekerjaan hydraulic fracturing sehingga didapatkan data panjang dan lebar rekahan. Tahapan selanjutnya adalah penentuan jenis proppant, ukuran dan berat yang akan digunakan lalu ke tahapan pemilihan jenis serta volume fluida perekah. Tahapan terakhir adalah penentuan tekanan pompa, rate pompa dan waktu pemompaan untuk proses pekerjaan hydraulic fracturing.
Berdasarkan hasil analisa, didapatkan desain geometri rekah dengan panjang rekahan sebesar 83.287 m dan lebar rekahan sebesar 17.921 m, proppant optimum untuk pekerjaan geometri rekah di sumur TPN-X adalah proppant jenis carbolite ukuran 12/18 sebanyak 70000 lbs, fracturing fluid yang digunakan adalah FG35 7% sebanyak 803.3 bbl, dan dibutuhkan tekanan pompa 2496,2 psi, rate pompa 13 bpm dam waktu selama 61,79 min sehingga dapat menghasilkan performa produksi sebesar 1336.2 BFPD.
Kata Kunci : Gumai Formation, Hydraulic Fracturing, Stimulasi sumur, Reservoir Permeabilitas Rendah

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Gumai Formation, Hydraulic Fracturing, Stimulasi sumur, Reservoir Permeabilitas Rendah
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: A.Md Apriliani Kusuma Wardhani
Date Deposited: 26 Dec 2022 02:52
Last Modified: 26 Dec 2022 02:52
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/32042

Actions (login required)

View Item View Item