UPAYA PEMERINTAH CINA DALAM MEMPERBAIKI CITRA NEGARA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TWITTER SEBAGAI SARANA DIPLOMASI DIGITAL ERA COVID-19

WIDODO, YUKITA AURA (2022) UPAYA PEMERINTAH CINA DALAM MEMPERBAIKI CITRA NEGARA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TWITTER SEBAGAI SARANA DIPLOMASI DIGITAL ERA COVID-19. Other thesis, UPN 'Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI YUKITA AURA WIDODO (151180008) (1).pdf] Text
SKRIPSI YUKITA AURA WIDODO (151180008) (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (109kB)

Abstract

viii
ABSTRAK
Kemunculan Corona Virus Disease menyebabkan terbentuknya kritik global
terhadap Cina sebagai tempat dimana virus tersebut ditemukan untuk pertama kalinya
pada tahun 2019. Banyaknya kritik yang ditujukkan kepada Cina kemudian telah
memunculkan propaganda “Chinese Virus” yang tersebar di media sosial Twitter. Cina
dalam hal ini berusaha untuk secara aktif memberikan penolakan terhadap propaganda
tersebut demi memperbaiki citra negaranya melalui pelaksanaan diplomasi digital.
Tujuan dan manfaat dari penelitian ini adalah untuk memberikan wawasan serta
pemahaman tentang bagaimana suatu negara dapat memanfaatkan media sosial sebagai
ruang untuk melaksanakan diplomasi digitalnya. Dari penelitian ini ditemukan bahwa
strategi Wolf Warrior Diplomacy yang digencarkan oleh Cina mempunyai taktik sendiri
dalam penyampaian narasinya, taktik tersebut yaitu taktik Act Tough dan Talk Soft.
Upaya pemerintah Cina tersebut juga didukung oleh peranan dari komunitas digital
diaspora Cina yang turut menyuarakan pendapatnya dalam melawan propaganda
“Chinese Virus” di media sosial Twitter. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini yakni analisis kualitatif studi kepustakaan serta dengan pemanfaatan
Twitter API (Application Programming Interface) dalam proses pengambilan data real�time di media sosial Twitter. Penelitian ini menggunakan kerangka berpikir Digital
Public Diplomacy dan konsep Digital Diaspora untuk memahami bagaimana
pelaksanaan upaya pemerintah Cina dalam memperbaiki citra pemerintahannya di
media sosial Twitter.
Kata kunci: Diplomasi digital, Digital diaspora Cina, Propaganda Chinese Virus,
Covid-19, Twitter.
ix
ABSTRACT
The emergence of Corona Virus Disease led to the formation of global criticism
against China as the place where the virus was discovered for the first time in 2019.
The many criticisms aimed at China then gave rise to the "Chinese Virus" propaganda
on social media Twitter. China, in this case, is trying to actively reject this propaganda
in order to improve the country's image.
From this research it was found that the Wolf Warrior Diplomacy strategy that
was intensified by China had its own tactics in conveying its narrative, these tactics
were Act Tough and Talk Soft tactics. The Chinese government's efforts are also
supported by the role of the Chinese diaspora digital community which also voices its
opinion against the "Chinese Virus" propaganda on social media Twitter. The research
method used in this study is a qualitative analysis of literature studies and the use of the
Twitter API (Application Programming Interface) in the process of retrieving real-time
data on Twitter social media. This study uses the Digital Public Diplomacy framework
and the Digital Diaspora concept to understand how the Chinese government's efforts
to improve its government's image on Twitter social media are implemented. The
purpose and benefits of this research are to provide insight and understanding of how
a country can use social media as a space to carry out its digital diplomacy.
Keywords: Digital diplomacy, China Digital diaspora, Propaganda Chinese Virus,
Covid-19, Twitter.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Digital diplomacy, China Digital diaspora, Propaganda Chinese Virus, Covid-19, Twitter.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 20 Dec 2022 04:00
Last Modified: 20 Dec 2022 04:00
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31979

Actions (login required)

View Item View Item