ANALISIS KONSUMSI BAHAN BAKAR DUMP TRUCK HINO FM 260 JD BULAN APRIL 2021 PADA PENGANGKUTAN ORE PENAMBANGAN BIJIH NIKEL DI PT. MAKMUR LESTARI PRIMATAMA, SITE MOLORE, KECAMATAN LANGGIKIMA, KABUPATEN KONAWE UTARA, SULAWESI TENGGARA

PUTRA, BOBBY REDJA DWI (2021) ANALISIS KONSUMSI BAHAN BAKAR DUMP TRUCK HINO FM 260 JD BULAN APRIL 2021 PADA PENGANGKUTAN ORE PENAMBANGAN BIJIH NIKEL DI PT. MAKMUR LESTARI PRIMATAMA, SITE MOLORE, KECAMATAN LANGGIKIMA, KABUPATEN KONAWE UTARA, SULAWESI TENGGARA. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Lepasan Judul (1).pdf] Text
1. Lepasan Judul (1).pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 2. Ringkasan (1).pdf] Text
2. Ringkasan (1).pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 3. Daftar Isi (1).pdf] Text
3. Daftar Isi (1).pdf

Download (19kB)
[thumbnail of 4. Daftar Lampiran.pdf] Text
4. Daftar Lampiran.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of 5. Lembar Pengesahan.pdf] Text
5. Lembar Pengesahan.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of Skripsi Bobby Redja Dwi Putra (112170135).pdf] Text
Skripsi Bobby Redja Dwi Putra (112170135).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

PT. Makmur Lestari Primatama (MLP) merupakan perusahaan pertambangan
yang bergerak sebagai pemilik izin usaha pertambangan (owner). Lokasi penelitian
berada pada pit Denver site Molore, Kecamatan Langgikima, Kabupaten Konawe
Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara. PT. Makmur Lestari Primatama dalam
melakukan proses penambangannya menerapkan sistem tambang terbuka dengan
metode open pit. Kegiatan pengangkutan ore dilakukan menggunakan kombinasi
alat gali dan muat Excavator Sany SY365H dan alat angkut DT Hino FM 260 JD.
Lokasi penelitian dibedakan menjadi dua dengan tempat satu front kerja,
tetapi jalan saat bermuatan dan tidak bermuatan berbeda. Berdasarkan hasil
penelitian di lapangan, terdapat geometri jalan angkut yang tidak sesuai dengan
standar diantaranya; terdapat beberapa segmen jalan angkut yang memiliki lebar
jalan minimum kurang dan kemiringan jalan melebihi 8%. Faktor-faktor lainnya
yang mempengaruhi bertambahnya konsumsi bahan bakar ialah; percepatan, RPM,
beban kerja, dan brake horsepower mesin. Permasalahan yang muncul ialah
konsumsi dan/atau rasio bahan bakar melebihi standar perusahaan, tercatat data
pada bulan April 2021 konsumsi dan rasio bahan bakar alat angkut mencapai
10,975 liter/jam dan 0,287 liter/ton dari standarnya yaitu 9,5 liter/jam dan 0,25
liter/ton.
Analisis dilakukan untuk mengetahui pengaruh kondisi jalan angkut terhadap
konsumsi bahan bakar alat angkut. Setelah dilakukan perhitungan, diketahui bahwa
setiap penambahan 1% rolling resistance maka konsumsi bahan bakar akan
bertambah sebesar 0,774 liter/jam, sedangkan setiap penambahan 1% grade
resistance maka konsumsi bahan bakar akan bertambah sebesar 0,192 liter/jam.
Perhitungan teori konsumsi bahan bakar dilakukan menggunakan dua metode yaitu
berdasarkan rimpul dan RPM. Diketahui bahwa konsumsi bahan bakar berdasarkan
perhitungan rimpul ialah 15,603 liter/jam, sedangakan berdasarkan RPM ialah
16,010 liter/jam.
Setelah dilakukan perbaikan pada geometri jalan terdiri dari penambahan
quary pada beberapa segmen jalan dan kemiringan jalan angkut ≤8% akan
menurunkan konsumsi bahan bakar dan produktivitas bertambah. Berdasarkan
perhitungan dengan rekomendasi tersebut, konsumsi bahan bakar menggunakan
perhitungan rimpul yaitu; 14,877 liter/jam, sedangkan rasio bahan bakar turun
menjadi 0,242 liter/ton

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:46
Last Modified: 06 Dec 2022 03:47
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31818

Actions (login required)

View Item View Item