Nugraheni, Aqmarina (2022) Analisis Efektivitas Iklan Berdasarkan Metode Customer Response Index (CRI) dengan Konsep AISAS (Studi pada iklan produk Distrobinambon di media Instagram). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Text
142180068_Carolina Novyani_Abstrak.pdf Download (93kB) |
|
Text
142180068_Carolina Novyani_Cover.pdf Download (108kB) |
|
Text
142180068_Carolina Novyani_Daftar Isi.pdf Download (64kB) |
|
Text
142180068_Carolina Novyani_Daftar Pustaka.pdf Download (107kB) |
|
Text
142180068_Carolina Novyani_Lembar Pengesahan.pdf Download (210kB) |
|
Text
142180068_Carolina Novyani_Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penilitian ini adalah untuk untuk mengukur tingkat efektivitas iklan
Distrobinambon di media sosial Instagram berdasarkan metode Customer Response
Index dengan konsep AISAS. Distrobinambon merupakan salah satu pelaku bisnis
yang telah menggunakan media Instagram tepatnya Instagram Sponsored untuk
mengiklankan produknya. Namun sejauh ini, pihak Distrobinambon belum
mengetahui efektivitas dari iklan yang telah mereka sebarkan. Hal tersebut
disebabkan oleh keterbatasan pemahaman mengenai cara mengukur efektivitas
sebuah iklan.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakaan pendekatan kuantitatif yang
diperoleh dari pengumpulan data melalui kuesioner dalam bentuk google form dan
disebarkan melalui Direct Message Instagram. Sumber data diperoleh dari
responden yang memiliki kualifikasi pernah melihat iklan Distrobinambon di
Instagram Sponsored. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah
menggunakan analisis distribusi frekuensi dan perhitungan Customer Response
Index (CRI) dengan konsep AISAS.
Berdasarkan data dari 96 responden, telah diperoleh hasil perhitungan
Customer Response Index (CRI) dengan persentase yang berbeda-beda pada empat
pola AISAS yaitu CRI AISAS (70%), CRI AISS (59%), CRI AIAS (79%), dan CRI
AIS (79%). Hasil perhitungan dari keempat pola AISAS tersebut menunjukkan
bahwa iklan Distrobinambon di Instagram Sponsored dinyatakakan efektif karena
memiliki persentase CRI yang lebih besar dibandingkan persentase no attention, no
interest, no search, no action, dan no share.
Kata Kunci : Efektivitas Iklan, Customer Response Index, AISAS, Attention,
Interest, Search, Action, Share.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas Iklan, Customer Response Index, AISAS, Attention, Interest, Search, Action, Share. |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 02 Dec 2022 04:27 |
Last Modified: | 02 Dec 2022 04:31 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31791 |
Actions (login required)
View Item |