Suryatmaja, Dwiky (2022) KLASIFIKASI PESAN GRUP PERKULIAHAN MENGGUNAKAN TERM FREQUENCY (TF) DAN NAÏVE BAYES CLASSIFIER. Other thesis, UPN 'Veteran" Yogyakarta.
Text
ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf Download (498kB) |
|
Text
SKRIPSI FULL_DWIKY SURYATMAJA.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
COVER.pdf Download (175kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (51kB) |
Abstract
viii
ABSTRAK
Aplikasi pesan instan yang paling populer di Indonesia dan dunia salah satunya adalah
whatsapp. Whatsapp adalah aplikasi pesan instan yang diciptakan oleh koum dan brian acton
pada tahun 2009. Salah satu fitur yang sering dimanfaatkan oleh pengguna adalah grup. Grup
sering digunakan karena grup whatsapp dapat gunakan oleh banyak anggota grup sebagai
media pembelajaran, sehingga pembelajaran dapat terlaksana tanpa dibatasi ruang dan waktu.
Didalam grup pastinya akan terjadi proses saling tukar informasi antara anggota grup. Oleh
sebab ini dapat memicu pengguna untuk mengetahui informasi topik yang sering dibahas di
dalam grup tersebut. Pada Penelitian ini preprocessing yang digunakan ada 5, yaitu cleansing,
case folding, tokenizing, stopword removal, dan stemming. Pada penelitian ini menguji Term
frequency dan naïve bayes classifier dalam mengklasifikasikan pesan grup perkuliahan
menjadi 3 kelas dan hasil dari pengujian menunjukkan bahwa metode naïve bayes classifier
mendapatkan nilai akurasi sebesar akurasi sebesar 97,67%, error rate sebesar 2,33%, recall
sebesar 94,44%, dan presisi sebesar 98,85%.
Kata Kunci : Klasifikasi, Pesan Grup, Term Frequency, Naïve Bayes
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Klasifikasi, Pesan Grup, Term Frequency, Naïve Bayes |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 22 Nov 2022 02:25 |
Last Modified: | 22 Nov 2022 02:25 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31684 |
Actions (login required)
View Item |