RANCANGAN TEKNIS PENAMBANGAN BIJIH MANGAN PADA MINING PROJECT BLOK IIPT. TIMOR INDAH ABADI KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA NUSA TENGGARA TIMUR

TURU, NATANIEL (2016) RANCANGAN TEKNIS PENAMBANGAN BIJIH MANGAN PADA MINING PROJECT BLOK IIPT. TIMOR INDAH ABADI KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA NUSA TENGGARA TIMUR. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi..pdf]
Preview
Text
Daftar Isi..pdf

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (66kB) | Preview

Abstract

PT. Timor Indah Abadi (PT. TIA) merupakan sebuah perusahaan
pertambangan mangan yang memiliki Kuasa Pertambangan (KP) di Daerah Nian –
Bijaepasu, Kecamatan Miomaffo, Kabupaten Timor Tengah Utara, Propinsi Nusa
Tenggara Timur
PT. TIA membutuhkan rancangan penambangan yang terencana dan terarah
dalam rangka Mining Project. Mining Projectini sendiri dilakukan oleh PT. TIA
sebagai tambang perintis untuk jangka menengah (jangka waktu 7 triwulan), jika
diakhir periode Mining Projectdiperoleh hasil sesuai dengan harapan maka Mining
Projectini akan dilanjutkan menjadi projectyang lebih besar dan luas. Perancangan
tambang dilakukan berdasarkan model mangan yang telah dibuat. Berdasarkan
model tersebut, diketahui sumberdaya mangan di daerah penelitian yaitu 420.992
ton. PT. TIA menetapkan produksi mangan tertambang adalah 36.000 ton
pertriwulan dan stripping ratiomaksimal adalah 6 : 1. Geometri lereng penambangan
yang ditetapkan oleh PT. TIA adalah tinggi jenjang individu 6 m, lebar berm5 m dan
kemiringan jenjang 60º. Lebar total jalan angkut tambang 13 m, lebar jalan angkut
pada belokan 15 m, gradejalan tambang 8 % (AASHTO/American Association of
State Highway and Transportation Officials, 1994), superelevasi 4 % (AASHTO
1994), cross slope 26 cm, radius putar (turning radius) 10 m. (Geometri jalan
tambang ditentukan oleh PT. TIA berdasarkan Laporan Akhir Studi Kelayakan,
2008).
Penambangan triwulan ke-1 dilakukan pada elevasi 432 - 414 mdpl, mangan
yang tertambang adalah 36.684 ton dengan stripping ratio 5,9 : 1. Penambangan
triwulan ke-2 dilakukan pada elevasi 419 - 407 mdpl, mangan yang tertambang
adalah 36.623 ton dengan stripping ratio 4,1 : 1. Penambangan triwulan ke-3
dilakukan pada elevasi 413 - 407 mdpl, mangan yang tertambang adalah 36.220 ton
dengan stripping ratio4,2 : 1. Penambangan triwulan ke-4 dilakukan pada elevasi
407 - 395 mdpl, mangan yang tertambang adalah 36.771 ton dengan stripping ratio
4,7 : 1. Penambangan triwulan ke-5 dilakukan pada elevasi 425 – 407 mdpl, mangan
yang tertambang adalah 37.082 ton dengan stripping ratio 3,6 : 1. Penambangan
triwulan ke-6 dilakukan pada elevasi 443 - 413 mdpl, mangan yang tertambang
adalah 36.747 ton dengan stripping ratio 5,8 : 1, Penambangan triwulan ke-7
dilakukan pada elevasi 476 - 443 mdpl, mangan yang tertambang adalah 38.006 ton
dengan stripping ratio3,9 : 1.
Alat yang akan digunakan untuk land clearing dan pembongkaran adalah
bulldozertipe Komatsu D 85 E-SS dan Catterpillar D 10R. Alat gali dan muat
overburdendan mangan adalah CatterpillarBackhoe excavatorCat 330 BL. Alat
angkut overburden dan mangan adalah dump truck HINO FM 260JM dengan
kapasitas bak 20 ton.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Mrs Sri Lestari
Date Deposited: 23 Sep 2016 01:53
Last Modified: 23 Sep 2016 01:53
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/3140

Actions (login required)

View Item View Item