KAJIAN TEKNIS KONSUMSI BAHAN BAKAR OHT CATERPILLAR 777D UNTUK PENGUPASAN TANAH PENUTUP DI PT. CIPTA KRIDATAMA JOBSITE MAHAKAM SUMBER JAYA KALIMANTAN TIMUR

RIYAN IRAWAN, YOGA (2015) KAJIAN TEKNIS KONSUMSI BAHAN BAKAR OHT CATERPILLAR 777D UNTUK PENGUPASAN TANAH PENUTUP DI PT. CIPTA KRIDATAMA JOBSITE MAHAKAM SUMBER JAYA KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[thumbnail of ringkasan abstrak.pdf]
Preview
Text
ringkasan abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Dalam setiap kegiatan pertambangan, efektivitas dan efisiensi dari alat
berat yang digunakan sangat perlu untuk diperhatikan karena hal ini sangat erat
kaitannya dengan target produksi dan biaya operasional. Terkait dengan
harga batubara yang sedang turun, PT. Cipta Kridatama sebagai salah satu
perusahaan kontraktor pertambangan ingin melakukan evaluasi konsumsi bahan
bakar alat angkut yang belum memenuhi standar perusahaan sebesar 64
liter/jam dengan fuel ratio sebesar 0,33 liter/ bcm untuk OHT Caterpillar 777D.
Konsumsi bahan bakar saat proses produksi harus diperhatikan tujuanya untuk
mengontrol konsumsi bahan bakar agar biaya operasional bisa ditekan walaupun
produksi tidak tercapai. Penelitian ini difokuskan pada alat angkut jenis OHT
Caterpillar 777D untuk mengetahui pengaruh apa saja yang menyebabkan
konsumsi bahan bakar meningkat.
Metode evaluasi yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan cara
menganalisis pengaruh kondisi jalan angkut terhadap meningkatnya konsumsi
bahan bakar. Terdapat tiga jalan angkut yang diteliti yaitu jalan angkut LP
CE179 dengan jarak angkut ±1,8 km, LP CE178 dengan jarak angkut ±1,2km, LP
CE221 dengan jarak angkut ±1,8km. Ketiga jalan angkut tersebut memiliki
karakteristik yang berbeda-beda.
Konsumsi bahan bakar aktual saat ini pada jalan angkut LP CE179 sebesar
67,25 l/jam dengan fuel ratio 0,38 l/bcm , pada LP CE178 sebesar 73,3 l/jam
dengan fuel ratio 0,40 l/bcm dan LP CE221 sebesar 74,17 l/jam dengan fuel
ratio 0,42 l/bcm. Konsumsi bahan bakar teori pada jalan angkut LP CE179
sebesar 71,04 l/jam dengan fuel ratio 0,31 l/bcm, pada LP CE178 sebesar 76,95
l/jam dengan fuel ratio 0,32 l/bcm dan LP CE221 sebesar 77,27 l/jam dengan
fuel ratio 0,38 l/bcm. Kajian tentang faktor yang menyebabkan konsumsi bahan
bakar tidak mencapai standar perusahaan harus dilakukan agar konsumsi bahan
bakar dapat mencapai standar perusahaan.
Upaya menurunkan konsumsi bahan bakar agar memenuhi standar dari
perusahaan yaitu dengan memberikan usulan menurunkan besarnya rolling
resistance. Menurunkan kemiringan jalan pada jalur angkut tidak bisa dilakukan
mengingat kemajuan tambang yang tidak bisa dirubah.
Dengan adanya penurunan besarnya rolling resistance menjadi 75 lb/ton
besarnya konsumsi bahan bakar pada OHT Caterpillar 777D di jalan angkut LP
CE179 menjadi 61,80 liter/jam dengan fuel ratio 0,22 l/bcm, jalan angkut LP
CE178 menjadi 71,92 liter/jam dengan fuel ratio 0,27 l/bcm dan pada jalan angkut
LP CE221 menjadi 67,85 liter/jam dengan fuel ratio 0,28 l/bcm.

In every mining activities, the effectivity and efficiency of the moving
heavy equipment is important to be considered because it is very closely related to
the production target and the operational cost. Related to decreasing coal cost, PT.
Cipta Kridatama as one of the mining contractor company wishing to evaluate
fuel consumption of hauling unit that have not reached the standards of the
company which is 64 liters / h with fuel ratio is 0.33 liters / bcm for OHT
Caterpillar 777D. Fuel consumption during the production process must be
considered due to control the fuel consumption so that operating cost can be
reduced even if the production is not achieved. this research focused on the
hauling unit type OHT Caterpillar 777D.
Evaluation method in this research by analyzing the effect of haul road
conditions to increased fuel consumption. There are three hauling roads that
investigated, LP CE179 with hauling distances ± 1.8 km, LP CE178 with hauling
distances ± 1,2km, LP CE221 with hauling distances ± 1,8km. All of this hauling
road have its own characteristics
Actual fuel consumption at this time on the hauling roads LP CE179 of
67.25 l / hour with fuel ratio 0.38 l / bcm, the LP CE178 73.3 l / hour with fuel
ratio is 0.40 l / bcm and LP CE221 amounting to 74.17 l / hour with fuel ratio is
0.42 l / bcm. Fuel consumption theory on haul roads LP CE179 of 71.04 l / hour
with fuel ratio is 0.31 l / bcm, the CE178 LP of 76.95 l / hour with fuel ratio is
0.32 l / bcm and LP CE221 of 77.27 l / hour with fuel ratio is 0.38 l / bcm. Studies
on the factors that cause the fuel consumption does not reach the standard of the
company must be done. From this study factors affecting fuel consumption can be
improved to reach the standard.
Reducing the rolling resistance is given as a suggest to reduce fuel
consumption in order to reach the standards of the company. Reducing the slope
on the hauling road can’t be done because of the mining sequence.
With the decrease in the amount of rolling resistance to 75 lb / ton amount
of fuel consumption on OHT Caterpillar 777D on the hauling roads LP CE179 be
61.80 liters / hour with fuel ratio of 0.22 l / bcm, hauling roads LP CE178 be
71.82 l / hour with fuel ratio of 0.27 l / bcm and on hauling roads LP CE221 be
67.85 liters / hour with fuel ratio 0.28 l / bcm.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 07 Jun 2016 03:16
Last Modified: 07 Jun 2016 03:16
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/3117

Actions (login required)

View Item View Item