TERPAAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK TERHADAP TINGKAT KEBERHASILAN FUNGSI PROMOSI RAKMINI SALATIGA SAAT PANDEMI COVID-19

Sativa, Brigitta Orizha (2022) TERPAAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK TERHADAP TINGKAT KEBERHASILAN FUNGSI PROMOSI RAKMINI SALATIGA SAAT PANDEMI COVID-19. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_153180050_Brigitta Orizha Sativa.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_153180050_Brigitta Orizha Sativa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 2. Cover_153180050_Brigitta Orizha Sativa.pdf] Text
2. Cover_153180050_Brigitta Orizha Sativa.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_153180050_Brigitta Orizha Sativa.pdf] Text
3. Abstrak_153180050_Brigitta Orizha Sativa.pdf

Download (393kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_153180050_Brigitta Orizha Sativa.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_153180050_Brigitta Orizha Sativa.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_153180050_Brigitta Orizha Sativa.pdf] Text
5. Daftar Isi_153180050_Brigitta Orizha Sativa.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_153180050_Brigitta Orizha Sativa.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_153180050_Brigitta Orizha Sativa.pdf

Download (423kB)

Abstract

Pandemi COVID-19 menyebabkan 70% UMKM se-Indonesia berhenti
melakukan kegiatan produksi. Di sisi lain, tren berbelanja secara online meningkat
saat pandemi, salah satunya meningkatnya pengguna grup Jual - Beli Salatiga di
“Marketplace” Facebook. Penelitian ini dilakukan terhadap UMKM Rakmini
Salatiga yang justru mengalami peningkatan di masa pandemi. Penelitian
bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan media sosial Facebook terhadap
tingkat keberhasilan fungsi promosi Rakmini Salatiga pada masa pandemi.
Penelitian menggunakan teori persamaan media dengan mengaitkan konsep
terpaan media, efek komunikasi massa, dan keberhasilan fungsi promosi. Jenis
penelitian ini kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner, serta
analisis data deskriptif, regresi sederhana, dan Uji-T. Hasilnya, terdapat pengaruh
yang positif dan signifikan antara variabel terpaan media sosial Facebook (X)
terhadap variabel tingkat keberhasilan fungsi promosi Rakmini di Salatiga (Y)
saat pandemi COVID-19 sebesar 75,1%. Sedangkan sisanya yaitu 24,9%
dipengaruhi oleh faktor- faktor lain di luar variabel X. Setiap peningkatan per satu
satuan variabel terpaan media sosial Facebook (X) memberikan peningkatan
variabel tingkat keberhasilan fungsi promosi Rakmini di Salatiga (Y) sebesar
0,819 atau 81,9%. Sehingga, hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Selain itu,
teori persamaan media teruji pada penggunaan media sosial Facebook terhadap
suatu keberhasilan promosi Rakmini.
Kata Kunci : Media Sosial; Promosi; Terpaan Media

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial; Promosi; Terpaan Media
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:59
Last Modified: 29 Sep 2022 03:59
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31159

Actions (login required)

View Item View Item