PENGARUH PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG IKLAN GAS ELPIJI DI TELEVISI DAN TERPAAN PEMBERITAAN TABUNG GAS MELEDAK TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN MASYARAKAT PADA TABUNG GAS ELPIJI 3 KG (Studi Survey Masyarakat Dusun Janti Catur Tunggal Depok Sleman Yogyakar ta

CHANDRA W.A, FEBRIAN (2011) PENGARUH PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG IKLAN GAS ELPIJI DI TELEVISI DAN TERPAAN PEMBERITAAN TABUNG GAS MELEDAK TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN MASYARAKAT PADA TABUNG GAS ELPIJI 3 KG (Studi Survey Masyarakat Dusun Janti Catur Tunggal Depok Sleman Yogyakar ta. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAKSI chandra (2).pdf

Download (134kB) | Preview

Abstract

xiii ABSTRAKSI S ubsidi bahan bakar minyak telah memberatkan anggaran pendapatan dan belanja negara setiap tahun, sehingga pemerintah menetapkan program konversi minyak tanah diganti gas elpiji . Upaya terus dilakukan dengan meningkatkan produksi gas elpiji bese rta sosialisasi dengan menggunakan iklan layanan masyarakat . Upaya program konversi minyak tanah ke gas elpiji telah menghemat anggaran pemerintah hingga Rp 2 1 triliun. Namun dampak negati f yang ditimbulkan oleh program ini adalah maraknya gas elpiji yang meledak. Tujuan penelitian ini adalah m endeskripsikan pengaruh yang signifikan persepsi masyarakat tentang iklan gas elpiji dan terpaan pemberitaan musibah tabung gas elpiji meledak di televisi secara parsial maupun simultan terhadap tingkat kepercayaan masyarakat tentang tabung gas 3 kg di Dusun Janti Catur Tunggal Depok Sleman Yogyakarta . A nalisis menunjukkan bahwa pe rsepsi responden telah menerima konversi dari minyak beralih ke gas elpiji, namun terpaan pemberitaan tentang tabung gas membuat masyaraka t khawatir dan semakin berhati - hati dalam penggunaannya . Demikian juga dengan tingkat kepercayaan, responden memiliki harapan kepada pemerintah atas ketersediaan, disribusi dan perlindungan keamanan pemakaian dari gas elpiji 3 kg ini. Hasil analisis korel asi dapat diketahui bahwa variabel persepsi yakni p ersepsi masyarakat terhadap iklan layanan masyrakat juga persepsi terhadap terpaan pemberitaan memiliki hubungan secara positif terhadap tingkat kepercayaan, sedangkan variabel terpaan pemberitaan memiliki hubungan negatif terhadap tingkat kepercayaan. H asil analisis regresi berganda variabel persepsi memiliki pengaruh secara positif terhadap tingkat kepercayaan, sedangkan variabel terpaan memiliki pengaruh negatif terhadap tingkat kepercayaan. B esarnya pe ngaruh variabel oleh persepsi masyarakat tentang iklan gas elpiji dan terpaan pemberitaan tabung gas meledak adalah sebesar 30 % dan sisanya 70 % di duga dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini seperti kebudayaan , sosi al dan psikologi . Kata Kunci: Persepsi, ILM, Terpaan pemberitaan, tingkat kepercayaan . xiv A BSTRACTION Refined fuel oil subsidy has burdened N ational budget every year so that government decided to change petroleum conversion program to liquid pet roleum gas . Efforts are being done continuously to improve LPG production by socialization using society service advertisement . The petroleum conversion program to liquid petroleum gas has saved government budget up to 21 quintillion rupiahs . But, the nega tive effect that is raised by this pr ogram is the large extent of liquid petroleum gas explosion . This research is aimed to describe the significant effe ct of society perception of liquid petroleum gas advertisement and news about liquid petroleum gas tu be explosion on TV either partially or simultaneously toward society’s trust in 3 kg s LPG tube in Janti , Catur Tunggal , Depok Sleman , Yogyakarta . Based on descriptive analysis, it shows that responden t perception has acce pted petroleum conversion to liquid petroleum gas but the bad news about liquid petroleum gas tube explosion makes people worry and much more careful in using it. It also affects society trust level; the respondents hope government for the availability, distribution, and s ecurity protection for 3 kgs liquid petroleum gas tube using. From correlation analysis result, it can be seen that perception variables that are society perception of society service advertisem ent and also perception of bad news has positive relation to trust level , while bad news variable has negative relation to trust level. Double regression analysis results that perception variable has positive effect on trust level , while bad news variable has negative effect on trust level. The amount of variable effect of society per ception toward liquid petroleum gas advertisement and liquid petroleum gas tube explosion news is 30 % and the rest 70 % guess is affected by other variables that are not included to this research model , like: culture, social and psychology . Key Word: Percep tion, ILM (society service advertisement) , bad news of LPG explosion.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 07 Jun 2016 02:46
Last Modified: 07 Jun 2016 02:46
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/3104

Actions (login required)

View Item View Item