AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA IKATAN LOGAM ALKALI DAN ALKALI TANAH DENGAN METODE MARKERLESS

Wibowo, Bima Arif (2022) AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA IKATAN LOGAM ALKALI DAN ALKALI TANAH DENGAN METODE MARKERLESS. Other thesis, UPN 'Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf] Text
HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (487kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of Skripsi Full_Bima Arif Wibowo_123150164.pdf] Text
Skripsi Full_Bima Arif Wibowo_123150164.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

viii
ABSTRAK
Materi unsur-unsur logam alkali dan alkali tanah ini didapat saat menempuh
jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Metode yang digunakan guru merupakan masalah
yang sangat penting dalam pembelajaran kimia. Mengingat dalam pembelajaran IPA
khususnya kimia, keberadaan sumber belajar (alat peraga IPA) sebagai media sangat
dibutuhkan siswa dalam mempermudah memahami konsep IPA yang abstrak. Dengan alat
peraga IPA, konsep abstrak dapat diusahakan menjadi konkrit. Tidak menjadi alasan
dengan tidak tersedianya fasilitas laboratorium untuk menghambat pelaksanaan praktikum.
Alat peraga IPA yang sederhana dapat dijadikan sebagai alternatif peralatan laboratorium.
Di samping itu, penggunaan alat peraga IPA sederhana ini dapat dianggap sebagai upaya
meragamkan sumber belajar, agar siswa dapat membangun pengetahuan dan keterampilan
serta sikap yang sesuai dengan kompetensi yang disarankan dalam kurikulum 2004. Tetapi,
sekolah sering dihadapkan pada keterbatasan sarana untuk melakukan eksperimen.
Dari permasalahan itu dibuat program menggunakan Augmented Reality dengan
metode markerless sebagai media pembelajaran. Augmented Reality dapat digunakan untuk
membuat simulasi lebih menarik. Dengan adanya Augmented Reality ini diharapkan dapat
membantu proses belajar terutama tentang ikatan kimia alkali dan alkali tanah.
Pengujian dilakukan dengan menggunakan beberapa parameter seperti intensitas
cahaya, jarak baca target, dan sudut kemiringan saat membaca target.
Tujuan: Memvisualisasikan dan mensimulasikan ikatan-ikatan kimia dari beberapa
senyawa dalam bentuk tiga dimensi (3D) yang interaktif, sehingga dapat menjadi media
pembelajaran ilmu kimia khususnya dalam hal ikatan kimia senyawa alkali dan alkali
tanah dengan hidrogen dan oksigen.
Kata Kunci: Augmented Reality; Markerless; FAST corner; Ikatan logam; alkali;
alkali tanah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality; Markerless; FAST corner; Ikatan logam; alkali; alkali tanah.
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 22 Sep 2022 03:23
Last Modified: 22 Sep 2022 03:23
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/30997

Actions (login required)

View Item View Item