ABRAHAMUSA, ANDREAS (2022) IMPLEMENTASI ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOR DALAM PENGIDENTIFIKASIAN JENIS TANAMAN HIAS ANGGREK LANGKA YANG DILINDUNGI MENGGUNAKAN MODEL HSV. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Text
COVER.pdf Download (225kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (25kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (113kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf Download (282kB) |
|
Text
SKRIPSI FULL_Andreas Abrahamusa_123150038.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Bunga anggrek merupakan salah satu jenis bunga yang termasuk kedalam tanaman
hias yang paling banyak dibudidayakan, satu jenis bunga anggrek dapat memiliki ciri berupa
bentuk dan warna yang berbeda-beda, sehingga dapat membuat masyarakat kesulitan untuk
dapat mengetahui dan membedakan jenis dari bunga anggrek tersebut. Banyak spesies
anggrek yang semakin langka bahkan disinyalir punah diakibatkan oleh malaknya
pembalakan liar, kebakaran hutan dan aksi perburuan oleh para penggemar anggrek.
Sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan
Tumbuhan dan Satwa, maka masyarakat perlu mengetahui bahwa terdapat 29 jenis-jenis
anggrek yang dilindungi oleh pemerintah. Sistem pengidentifikasian citra tanaman anggrek
bergerak dengan cara membandingkan data citra latih dengan data citra uji. Data citra uji
akan diidentifikasi menggunakan metode K-Nearest Neighbor dengan cara menghitung
jarak terdekat antara citra latih dan citra uji setiap pixelnya. Cara kerja ekstraksi ciri warna
HSV (hue, saturation, value) adalah dengan mengkonversi nilai RGB (red, green, blue) tiap
pixel menjadi HSV (hue, saturation, value).
Setelah mendapat nilai HSV maka proses selanjutnya yaitu identifikasi
menggunakan KNN dengan menggunakan 348 data latih dan 87 data uji dengan tingkat
akurasi mencapai 90%.
Kata Kunci : Data Mining; Decision Tree; Algoritme C5.0; Prediksi; Klasifikasi; Mobile
Legends.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Data Mining; Decision Tree; Algoritme C5.0; Prediksi; Klasifikasi; Mobile Legends. |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 20 Sep 2022 04:51 |
Last Modified: | 20 Sep 2022 04:51 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/30976 |
Actions (login required)
View Item |