PERENCANAAN CASING PEMBORAN PADA SUMUR “PANJI-32” LAPANGAN RAYA PT. PERTAMINA HULU KALIMANTAN TIMUR

AKBAR, FARDHAN NAUVAL (2022) PERENCANAAN CASING PEMBORAN PADA SUMUR “PANJI-32” LAPANGAN RAYA PT. PERTAMINA HULU KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, UPN 'Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Cover (2).pdf] Text
Cover (2).pdf

Download (171kB)
[thumbnail of Daftar isi.pdf] Text
Daftar isi.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of Lemsah.pdf] Text
Lemsah.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of RINGKASAN.pdf] Text
RINGKASAN.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of Skripsi Fardhan.pdf] Text
Skripsi Fardhan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

RINGKASAN
Sumur “PANJI-32” merupakan sumur pengembangan yang terletak di Lapangan
Raya Provinsi Kalimantan Timur yang akan dilakukan pemboran berarah (directional
drilling) hingga kedalaman 13.145,00 ft/Md atau 10.574,59 ft/Tvd dengan KOP pada
kedalaman 224 ft. Berdasarkan data-data sumur disekitarnya (offset wells) Sumur ini
memiliki permasalahan lost circulation yang dapat terjadi kick ketika menembus
batuan karbonat sehingga menyebabkan meningkatnya beban internal pressure yang
dialami oleh casing.
Perencanaan casing setting depth Sumur “PANJI-32” menggunakan pressure
window dengan cara plotting grafik kartesius data tekanan formasi (pore pressure),
data tekanan hidrostatik dan data tekanan rekah formasi (formation fracture pressure).
Penentuan kedalaman casing shoe berdasarkan batuan formasi. Kemudian dilakukan
perhitungan kick tolerance yang bertujuan untuk mengetahui banyaknya volume kick
yang bisa ditangani sebelum terjadi rekah pada formasi. Sedangkan perencanaan casing
menggunakan metode grafis terhadap beban – beban yang bekerja pada casing, seperti
beban burst, collapse, tension, biaxial dan triaxial load.
Hasil perencanaan casing didapatkan 5 trayek pada Sumur “PANJI - 32”. Yaitu
trayek conductor casing (0 – 589 ft) menggunakan casing X-56, welded connection
berdasarkan hasil analisa pada sumur-sumur disekitarnya, trayek surface casing (0 –
1224 ft) menggunakan casing J-55,61 ppf, BTC, R3, trayek intermediate casing dibagi
menjadi 2 section casing yaitu L-80, 40 ppf; BTC, R3 (0-2200 ft) dan N-80, 47 ppf;
BTC, R3 (2200-4112 ft) dengan nilai kick tolerance sebesar 19,4 Bbls, dan trayek
production liner casing menggunakan 3 section casing yaitu L-80, 26 ppf, BTC, R3
(4012-4419 ft), casing P-110, 26 ppf, BTC, R3 (4419-6012 ft), dan L-80, 32 ppf, BTC,
R3 (6012-7724 ft) dengan nilai kick tolerance sebesar 23,4 Bbls, dan trayek monobore
tubing (0-10574 ft) menggunakan tubing P-110, 15,1 ppf, BTC, R3 dengan nilai kick
tolerance sebesar 31,9 Bbls. Seluruh grade casing yang digunakan telah dilakukan
perhitungan analitis dan didapatkan safety factor di atas standar yang digunakan serta
nilai kick tolerance yang didapatkan sudah sesuai dengan rekomendasi minimum dari
PT. Pertamina Hulu Kalimantan Timur sebesar 15 bbls untuk section intermediate dan
10 bbls untuk section production liner dan monobore.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 19 Sep 2022 06:53
Last Modified: 19 Sep 2022 06:53
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/30960

Actions (login required)

View Item View Item