KAJIAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA KEGIATAN PENGANGKUTAN OVERBURDEN PT. RIUNG MITRA LESTARI SITE KRASSI PT. MANDIRI INTIPERKASA, KALIMANTAN UTARA

SELINA, MUTIARA (2022) KAJIAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA KEGIATAN PENGANGKUTAN OVERBURDEN PT. RIUNG MITRA LESTARI SITE KRASSI PT. MANDIRI INTIPERKASA, KALIMANTAN UTARA. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak_Mutiara Selina_112180021.pdf] Text
Abstrak_Mutiara Selina_112180021.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of Cover_Mutiara Selina_112180021.pdf] Text
Cover_Mutiara Selina_112180021.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of Daftar Isi_Mutiara Selina_112180021.pdf] Text
Daftar Isi_Mutiara Selina_112180021.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_Mutiara Selina_112180021.pdf] Text
Daftar Pustaka_Mutiara Selina_112180021.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_Mutiara Selina_112180021.pdf] Text
Lembar Pengesahan_Mutiara Selina_112180021.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of Skripsi_Mutiara Selina_112180021.pdf] Text
Skripsi_Mutiara Selina_112180021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

PT. Riung Mitra Lestari merupakan salah satu kontraktor yang ada di PT.
Mandiri Intiperkasa. Perusahaan ini berlokasi di Kabupaten Tana Tidung,
Kalimantan Utara. PT. Mandiri Intiperkasa bergerak pada usaha pertambangan
batubara menggunakan sistem tambang terbuka. Kegiatan yang dilakukan adalah
tahapan pembongkaran, pemuatan, dan pengangkutan.
Berdasarkan hasil penelitian, terdapat 8 kecelakaan kerja pada kegiatan
pengangkutan overburden tahun 2020 – 2021. Pada tahun 2020, didapatkan nilai FR
sebesar 1,42 dan SR sebesar 0. Pada tahun 2021, didapatkan nilai FR sebesar 1,84
dan SR sebesar 0. Berdasarkan data tersebut, terjadi peningkatan angka kekerapan
kecelakaan dan kecelakaan yang ada disebabkan oleh tindakan tidak aman maupun
kondisi tidak aman.
Untuk menghindari dan mengurangi risiko akibat kecelakaan kerja, maka
dilakukan manajemen risiko dengan Identifikasi Bahaya dan Penilaian Risiko
(IBPR). Identifikasi bahaya dilakukan pada kegiatan loading overburden, hauling
overburden, dan dumping overburden untuk selanjutnya diketahui hasil penilaian
risiko serta pengendalian yang dapat digunakan. Berdasarkan hasil IBPR pada
kegiatan loading overburden terdapat 5 potensi risiko kecelakaan dengan rincian 1
risiko kritikal dan 4 risiko tinggi, setelah dilakukan pengendalian terdapat 4 risiko
sedang dan 1 risiko rendah. Pada kegiatan hauling overburden terdapat 16 potensi
risiko kecelakaan dengan rincian 5 risiko kritikal, 9 risiko tinngi, dan 2 risiko rendah,
dilakukan pengendalian terdapat 7 risiko sedang dan 9 risiko rendah. Pada kegiatan
dumping overburden terdapat 7 potensi risiko kecelakaan dengan rincian 7 risiko
tinggi, setelah dilakukan pengendalian terdapat 4 risiko sedang dan 3 risiko rendah.
Untuk menjamin keselamatan dan kesehatan pekerja selain dengan adanya
manajemen risiko, perusahaan juga menerapkan program keselamatan kerja berupa
induksi dan perizinan, penyediaan APD, safety talk, monitoring dan controlling
HAZACT, safety patrol, commissioning dan recommissioning unit, program duta
safety, dan pelatihan. Beberapa kegiatan telah terlaksana dengan baik, namun
terdapat beberapa kegiatan yang perlu ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 16 Sep 2022 04:20
Last Modified: 16 Sep 2022 04:20
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/30943

Actions (login required)

View Item View Item