ANALISIS KESUKSESAN IMPLEMENTASI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) DI METLAND SCHOOL MENGGUNAKAN DELONE AND MCLEAN INFORMATION SYSTEMS SUCCESS MODEL

Fadhila, Adisty Rania (2022) ANALISIS KESUKSESAN IMPLEMENTASI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) DI METLAND SCHOOL MENGGUNAKAN DELONE AND MCLEAN INFORMATION SYSTEMS SUCCESS MODEL. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak_124180007_Adisty Rania Fadhila.pdf] Text
Abstrak_124180007_Adisty Rania Fadhila.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of Cover_124180007_Adisty Rania Fadhila.pdf] Text
Cover_124180007_Adisty Rania Fadhila.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of Daftar Isi_124180007_Adisty Rania Fadhila.pdf] Text
Daftar Isi_124180007_Adisty Rania Fadhila.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan Pembimbing_124180007_Adisty Rania Fadhila.pdf] Text
Lembar Pengesahan Pembimbing_124180007_Adisty Rania Fadhila.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan Pembimbing_124180007_Adisty Rania Fadhila.pdf] Text
Lembar Pengesahan Pembimbing_124180007_Adisty Rania Fadhila.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of Skripsi_124180007_Adisty Rania Fadhila.pdf] Text
Skripsi_124180007_Adisty Rania Fadhila.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Learning Management System (LMS) telah menjadi salah satu inovasi dalam dunia
pendidikan sebagai pendukung kegiatan pembelajaran di lingkungan digital yang berguna
untuk mengimplementasikan proses pembelajaran secara online. Adapun dalam
pengoperasiannya, masih terdapat keluhan-keluhan dari pengguna terkait pemanfaat LMS.
Dalam konteks pembelajaran elektronik, kegagalan produk LMS dapat mengakibatkan
penolakan, ketidakpahaman, dan penyalahgunaan LMS yang akan menyebabkan kritik dan
tingkat penerimaan yang rendah terhadap sistem (Nakamura et al., 2018). Oleh karena itu,
perlu dilakukan analisis kesuksesan untuk mengukur keberhasilan implementasi sistem
untuk mengindentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi dan menghambat kesuksesan
LMS. Model DeLone dan McLean digunakan dalam mengukur keberhasilan sistem
informasi yang mencakup enam variabel yaitu kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas
layanan, penggunaan, kepuasan pengguna, dan manfaat bersih.
Penelitian ini mengadaptasi pengembangan model Delone dan Mclean 2003. Data yang
digunakan adalah data primer yang diperoleh dari jawaban 162 pengguna LMS SMK
Pariwisata Metland School sebagai responden dalam kuesioner yang disebarkan. Hasil
angket diolah menggunakan SPSS untuk uji deskriptif. Setelah itu data diolah
menggunakan Structural Equation Model (SEM) untuk pengujian model pengukuran dan
model struktural yang meliputi pengujian hipotesis melalui SmartPLS.
Dari sembilan hipotesis yang diajukan, tujuh hipotesis diterima dan dua hipotesis
lainnya ditolak. Kesuksesan LMS dipengaruhi oleh keseluruhan variabel yaitu kualitas
informasi, kualitas sistem, kualitas layanan, penggunaan, kepuasan pengguna, dan manfaat
bersih. Faktor-faktor yang menjadi penghambat keberhasilan LMS dilihat dari adanya
hipotesis yang ditolak dan indikator yang dinilai responden kurang baik, yaitu indikator
kemudahan memahami dan kelengkapan pada variabel kualitas informasi. Indikator
kemudahan pengguna, waktu respon, dan keandalan pada variabel kualitas sistem.
Indikator frekuensi penggunaan dan sifat penggunaan pada variabel penggunaan. Indikator
kepuasan informasi dan kepuasan menyeluruh pada variabel kepuasan pengguna. Indikator
mengurangi waktu pencarian pada variabel manfaat bersih. Dikarenakan tidak semua
variabel saling mempengaruhi secara signifikan maka LMS SMK Pariwisata Metland
School dinyatakan belum sukses.
Kata Kunci : LMS, DeLone dan McLean, Kesuksesan LMS, SEM

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: LMS, DeLone dan McLean, Kesuksesan LMS, SEM
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 16 Sep 2022 04:13
Last Modified: 16 Sep 2022 04:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/30941

Actions (login required)

View Item View Item