EVALUASI GRADE JALAN ANGKUT UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS ALAT ANGKUT KOMATSU HD 785-7 DI PIT SELATAN PT ANTAREJA MAHADA MAKMUR JOBSITE MULTI HARAPAN UTAMA, KABUPATEN KUTAIKARTANEGARA, PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

PRATAMA, GALIH EXSA (2022) EVALUASI GRADE JALAN ANGKUT UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS ALAT ANGKUT KOMATSU HD 785-7 DI PIT SELATAN PT ANTAREJA MAHADA MAKMUR JOBSITE MULTI HARAPAN UTAMA, KABUPATEN KUTAIKARTANEGARA, PROVINSI KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, UPN 'Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Lembar Pengesahan_Galih Exsa Pratama_112180104.pdf] Text
Lembar Pengesahan_Galih Exsa Pratama_112180104.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of Abstrak_Galih Exsa Pratama_112180104.pdf] Text
Abstrak_Galih Exsa Pratama_112180104.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Draft Full Skripsi_Galih Exsa Pratama_112180104.pdf] Text
Draft Full Skripsi_Galih Exsa Pratama_112180104.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of Daftar Isi_Galih Exsa Pratama_112180104.pdf] Text
Daftar Isi_Galih Exsa Pratama_112180104.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_Galih Exsa Pratama.pdf] Text
Daftar Pustaka_Galih Exsa Pratama.pdf

Download (5MB)

Abstract

PT Antareja Mahada Makmur (PT AMM) sebagai perusahaan kontraktor
pada PT Multi Harapan Utama yang bergerak di bidang pertambangan yang
memiliki empat fokus kegiatan yaitu pengupasan lapisan penutup (Overburden
Removal), penambangan batubara (Coal Getting), pengangkutan batubara (Coal
Hauling), dan pemeliharaan jalan (Road Maintenance). Pada pengupasan lapisan
penutup terdapat kegiatan pembongkaran dengan drilling dan blasting serta
pemuatan dan pengangkutan yang dilakukan oleh alat muat PC2000 dan PC1250
kemudian untuk alat angkut yaitu HD785.
Penambangan menggunakan metode open pit akan membentuk suatu lubang
bukaan. Kemajuan penambangan menggunakan metode tersebut akan menuju ke
arah elevasi yang lebih rendah menyesuaikan dengan bentuk seam batubara. Pada
bulan Januari 2022, penambangan yang dilakukan oleh PT Antareja Mahada
Makmur di Pit Selatan sudah mencapai elevasi -80 mdpl. Penambangan pada
elevasi tersebut menyebabkan permasalahan pada tahapan pengangkutan.
Permasalahan tersebut antara lain jarak pengangkutan yang relatif jauh dan grade
jalan angkut yang relatif tinggi. Permasalahan tersebut menyebabkan produktivitas
alat angkut aktual tidak sesuai dengan target produktivitas alat angkut.
Target Produktivitas alat angkut HD785 front PC1250 pada Pit Selatan
RL-80 dengan jarak angkut 3,1 km sebesar 93,78 BCM/jam, sedangkan kondisi
aktual dilapangan produktivitas alat angkut hanya mencapai 77,47BCM/jam.
Faktor penyebab tidak tercapainya target produktivitas adalah pada waktu edar alat
angkut. Waktu edar alat angkut tersebut disebabkan oleh kecepatan alat angkut rata�rata yang tidak sesuai target. Target kecepatan alat angkut rata-rata yaitu 22 km/jam
sedangakn kecepatan rata-rata aktual hanya 19,67 km/jam.
Upaya peningkatan produktivitas alat angkut HD785 dilakukan dengan
memperbaiki grade jalan. Perbaikan grade dilakukan dengan cara penimbunan (fill)
pada elevasi segmen jalan yang lebih rendah serta pengurangan (cut) pada elevasi
segmen jalan yang lebih tinggi. Grade jalan angkut maksimal yaitu 7,48%
berdasarkan trial and error menggunakan perhitungan rimpull. Volume yang
dibutuhkan untuk fill pada segmen 1-18 serta 29-32 yaitu sebesar 143.845,94 m3
sedangkan volume cut pada segmen 18-23 yaitu sebesar 39.850,88 m3
. Material fill
pada perbaikan grade jalan angkut diperoleh dari material cut serta material dari
front RL-80. Estimasi waktu untuk perbaikan grade jalan angkut tersebut yaitu
selama ± 32 hari. Setelah dilakukannya perencanaan perbaikan grade jalan angkut,
produktivitas alat angkut pada lokasi penelitian disimulasikan dengan perhitungan
rimpull meningkat menjadi 87,84 BCM/jam. Produktivitas alat angkut setelah
perbaikan mencapai 93,67% dari target yang sudah ditentukan yaitu
93,78BCM/jam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 24 Aug 2022 02:56
Last Modified: 24 Aug 2022 02:56
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/30764

Actions (login required)

View Item View Item