PREDIKSI KEMENANGAN GAME MOBILE LEGENDS DENGAN METODE DECISION TREE MENGGUNAKAN ALGORITME C5.0

NUGRAHA, EKA ERLAMBANG (2022) PREDIKSI KEMENANGAN GAME MOBILE LEGENDS DENGAN METODE DECISION TREE MENGGUNAKAN ALGORITME C5.0. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf] Text
HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL_Eka Erlambang Nugraha_123150108.pdf] Text
SKRIPSI FULL_Eka Erlambang Nugraha_123150108.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB)

Abstract

Mobile Legends merupakan game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena 5 vs
5) yang dimainkan oleh 2 tim dan masing-masing tim terdiri dari 5 player. Multiplayer
Online Battle Arena orang sering menyebutnya dengan sebutan MOBA yaitu permainan
game mobile yang setiap pemainnya hanya dapat mengontrol satu karakter di dalam satu
tim, dengan gameplay dua tim yang setiap timnya bertujuan untuk menghancurkan base
musuh atau turet terakhir yang paling besar dan berada pada base musuh [1]. Mobile
Legends umumnya memiliki 5 player atau lebih untuk bermain, coach/analyst yang
menentukan strategi tim dan draft pick untuk dapat mendapatkan kemenangan.
Permasalahannya pada situasi tertentu coach atau analyst memiliki kesalahan dalam
penentuan draft hero sehingga peforma tim kurang maksimal dan mengalami. Maka itu,
diperlukan sebuah aplikasi untuk mempermudah prediksi suatu kemenangan.
Pada penelitian ini, memprediksi kemenangan Mobile Legends menggunakan
metode decision tree Algoritme C5.0. Akurasi hasil prediksi kemenangan akan diuji
menggunakan K-Fold Cross Valdation.
Pengujian dilakukan dengan menyilangkan data iterasi nilai k sama dengan 3, 5
dan 7. Untuk nilai 3-fold cross validation mendapat tingkat akurasi 60,95%, presisi
55,55%, dan untuk recall 54,08%. Untuk nilai 5- fold cross validation mendapat tingkat
akurasi 60,95%, presisi 51,83%, dan untuk recall 49,09%. Untuk nilai 7- fold cross
validation mendapat tingkat akurasi 58,10%, presisi 49,25%, dan untuk recall 48,37%.
Tujuan: Mengetahui kehandalan dari penggunaan Decision tree menggunakan
Algoritme C5.0 untuk prediksi kemenangan game Mobile Legends.
Kata Kunci: Data Mining; Decision Tree; Algoritme C5.0; Prediksi; Klasifikasi; Mobile
Legends.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Data Mining; Decision Tree; Algoritme C5.0; Prediksi; Klasifikasi; Mobile Legends.
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 09 Aug 2022 03:02
Last Modified: 09 Aug 2022 03:02
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/30574

Actions (login required)

View Item View Item