Widhiyatmoko, Damas Agum (2022) ANALISIS RISIKO KECELAKAAN MENGGUNAKAN METODE HAZARD IDENTIFICATION RISK ASSESSMENT PADA KEGIATAN LOADING OVERBURDEN DAN BATUBARA DI PIT TIMUR PT. MEGA BARA SEMESTAKABUPATEN MUARA ENIM, PROVINSI SUMATERA SELATAN. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
abstrak.pdf Download (212kB) |
|
Text
cover damas.pdf Download (124kB) |
|
Text
Daftar isi damas.pdf Download (547kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (428kB) |
|
Text
pengesahan damas.pdf Download (199kB) |
|
Text
SKRIPSI DAMAS AGUM WIDHIYATMOKO.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
PT. Mega Bara Semesta berlokasi di Kabupaten Muara Enim Provinsi
Sumatera Selatan. Perusahaan ini bergerak pada usaha jasa pertambangan Batubara
menggunakan sistem tambang terbuka. Kegiatan yang dilakukan adalah tahapan
pembongkaran, pemuatan, dan pengangkutan. Untuk menghindari dan mengurangi
risiko yang dapat terjadi maka diperlukan manajemen risiko yaitu dengan
identifikasi bahaya (hazard identification), dan penilaian risiko (risk assessment)
atau HIRA. Pengamatan identifikasi bahaya pada penelitian ini dilakukan pada
kegiatan penambangan dari hasil risiko tersebut ditentukan pengendalian risiko
untuk mengurangi dan menghilangkan potensi tersebut.
Pengamatan identifikasi bahaya pada penelitian ini dilakukan di kegiatan
loading overburden dan batubara untuk selanjutnya diketahui hasil penilaian risiko
serta pengendalian yang dapat digunakan. Dari hasil penelitian tersebut pada
kegiatan loading overburden didapatkan 7 risiko kecelakaan berdasarkan hasil
HIRA memiliki 2 kriteria extreme, memiliki 4 kriteria high dan memiliki 1 kriteria
moderate. Selanjutnya dari risiko kecelakaan yang ada dilakukan pengendalian
eliminasi, pengendalian administrasi dan pemakaian alat pelindung diri, sehingga
menurunkan nilai kemungkinan terjadi dan nilai keparahan cidera yang diterima
sehingga 7 risiko kecelakaan menjadi kriteria low.
Selanjutnya pada kegiatan loading batubara didapatkan 4 risiko kecelakaan
berdasarkan hasil HIRA memiliki 2 kriteria extreme, memiliki 1 kriteria high dan 1
kriteria moderate. Dari risiko kecelakaan yang ada dilakukan pengendalian
eliminasi, rekayasa engineering, pengendalian administrasi dan pemakaian alat
pelindung diri sehingga menurunkan nilai kemungkinan terjadi dan nilai keparahan
cidera yang diterima sehingga 4 risiko kecelakaan menjadi kriteria low.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, diperlukan adanya evaluasi program
keselamatan dan kesehatan kerja lebih detil seperti pelaksanaan pengecekan
peralatan harian (P2H) agar pekerja dapat melaksanakan kerja secara sesuai dan
dengan benar, serta dapat meminimalisir akan terjadinya kecelakan kerja dan sakit
akibat kerja
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hazard identification risk assessment, loading overburden |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri |
Date Deposited: | 28 Jul 2022 05:01 |
Last Modified: | 28 Jul 2022 05:01 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/30481 |
Actions (login required)
View Item |