PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER DALAM FITUR TIKTOK SHOP TERHADAP MINAT BELI PRODUK HYDRASOOTHE SUNSCREEN GEL AZARINE (Studi pada Review Influencer Titan Tyra di Akun TikTok @azarinecosmetic)

Nurlitasari, Hafiyyana (2022) PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER DALAM FITUR TIKTOK SHOP TERHADAP MINAT BELI PRODUK HYDRASOOTHE SUNSCREEN GEL AZARINE (Studi pada Review Influencer Titan Tyra di Akun TikTok @azarinecosmetic). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. SKRIPSI FULL_Hafiyyana Nurlitasari_153180101.pdf] Text
1. SKRIPSI FULL_Hafiyyana Nurlitasari_153180101.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 2. COVER_Hafiyyana Nurlitasari_153180101.pdf] Text
2. COVER_Hafiyyana Nurlitasari_153180101.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 3. ABSTRAK_Hafiyyana Nurlitasari_153180101.pdf] Text
3. ABSTRAK_Hafiyyana Nurlitasari_153180101.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PENGESAHAN_Hafiyyana Nurlitasari_153180101.pdf] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN_Hafiyyana Nurlitasari_153180101.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI_Hafiyyana Nurlitasari_153180101.pdf] Text
5. DAFTAR ISI_Hafiyyana Nurlitasari_153180101.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR PUSTAKA_Hafiyyana Nurlitasari_153180101.pdf] Text
6. DAFTAR PUSTAKA_Hafiyyana Nurlitasari_153180101.pdf

Download (381kB)

Abstract

Penggunaan media sosial sekaligus e-commerce dalam satu aplikasi merupakan
salah satu bukti perkembangan teknologi komunikasi yang semakin maju. Sistem
penggabungan yang digunakan oleh TikTok memberikan kemudahan bagi
masyarakat dalam melakukan transaksi tanpa harus beralih pada platform media
lainnya. Hal ini juga menunjukkan dampak yang baik bagi berbagai UMKM
khususnya dalam menghadapi COVID-19. Azarine merupakan salah satu
perusahaan kecantikan di Indonesia yang ada sejak tahun 2002 dan berhasil merilis
salah produk Hydrasoothe Sunscreen Gel sebagai tabir surya terlaris menurut riset
compass.id. Tentunya hal tersebut juga didukung dengan teknik promosi yang baik
dengan memanfaatkan fitur TikTok Shop melalui perantara influencer di bidang
kecantikan, yaitu Titan Tyra. Berangkat dari penggunaan media yang dilakukan,
dalam penelitian inii bertujuan untuk mengetahui pengaruh, seberapa besar, dan
bagaimana sikap konsumen dari pengaruh kredibilitas influencer Titan Tyra
terhadap minat beli produk Hydrasoothe Sunscreen Gel Azarine di masa pandemi.
Penelitian ini menggunakan Teori Two Step Flow of Communication. Metode yang
digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner dari data
primer yang dikumpulkan dari 128 responden pemberi komentar pada video ulasan
Titan Tyra milik TikTok @azarinecosmetic yang disematkan sejak Desember 2021
hingga Maret 2022. Hasil penelitian ini menunjukkab bahwa kredibilitas influencer
dalam fitur TikTok Shop memiliki pengaruh dan signifikan terhadap minat beli
produk Hydrasoothe Sunscreen Gel. Hal ini dapat dilihat dari hasil regresi linear
sederhana dengan koefisien 0,618. Hasil juga menunjukkan bahwa kredibilitas
influencer dalam fitur TikTok Shop berpengaruh 56,2% dengan nilai tertinggi pada
indikator Respect terhadap minat beli produk dengan nilai tertinggi berada pada
minat eksploratif.
Kata kunci: Kredibilitas Influencer, Minat Beli, Media Sosial, TikTok Shop

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kredibilitas Influencer, Minat Beli, Media Sosial, TikTok Shop
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 04 Jul 2022 07:32
Last Modified: 04 Jul 2022 07:32
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/30250

Actions (login required)

View Item View Item